PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR BUMBU DAN REMPAH SISWA KELAS X SMK SANDHY PUTRA 2 MEDAN

Roliza Sun Honest Sianipar, Nuwairi Hilada

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui hasil belajar bumbu dan rempah sebelum diberi penerapan pada siswa kelas X SMK Sandhy Putra 2 Medan (2) Untuk mengetahui hasil belajar bumbu dan rempah yang diberi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas X SMK Sandhy Putra 2 Medan; (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar bumbu dan rempah siswa kelas X SMK Sandhy Putra 2 Medan.

Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMK Sandhy Putra 2 Medan yang mendapatkan materi bumbu dan rempah pada mata pelajaran Persiapan Pengolahan yaitu sebanyak 2 kelas yang berjumlah 50 siswa. Sampel penelitan diambil dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar bumbu dan rempah sebelum diberi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (X1) dan tes hasil belajar bumbu dan rempah setelah diberi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (X2). Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada materi bumbu dan rempah pada kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) diperoleh rata-rata sebesar 75,24 dan standar deviasi 6,46 dengan tingkat kecenderungan nilai yang cukup sebesar 36,0% dan kategori tinggi sebesar 64,0%, sedangkan dikelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata 67,88 dengan standar deviasi 8,63 dengan tingkat kecenderungan nilai yang cukup 60,0% dan kategori tinggi sebesar 32,0%. Dari hasil perhitungan uji hipotesis untuk posttes diperoleh t hitung > t tabel (3,414 > 1,678), maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang positif dan  signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar bumbu dan rempah pada siswa kelas X SMK Sandhy Putra 2 Medan.

 

Kata kunci : Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar, Bumbu Dan Rempah.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2011). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara, Cet. XIII.

Dharmayanti. (2013). http://imanfaat.blogspot.com./ Panjaitan, Thoga.(2014). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ilmu Statika Dan Tegangan Pada Siswa Kelas X Bidang Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Siatas Barita T.A 2013/2014”. Skripsi Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Rina, Ningsih. 2010. Bumbu dan Rempah Indonesia. http://oneparmo.wordpress.com. Diakses tanggal 10 Agustus 2015.

Sanjaya. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya. (2011). Pembelajaran Dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sibarani. (2010). Metode Pembelajaran Konvensional. Tersedia: http://sibarani.wordpress.com. Metode pembelajaran konvensional. Diakses tanggal 10 Agustus 2015.

Sudjana. (2010). Metoda Statistika (Rev. ed). Bandung: PT. Tarsito Bandung.

Sudjana. (2012). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar (Rev.ed). Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono, 2010 . Statistika untuk penelitian. Bandung : CV. Alfabeta

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sunarto. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Suryitno, Amin. (2007). Pemilihan Model-Model Pembelajaran dan Penerapannya di Sekolah. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Slavin, R. E. 2011. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Terj. Bandung: Nusa Media

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Diakses tanggal 10 Agustus 2015 dari http://www.depdiknas.go.id.




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v1i1.7747

Article Metrics

Abstract view : 202 times
PDF - 209 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.