PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS TERHADAP HASIL BELAJAR BOGA DASAR SISWA KELAS X SMK PUTRA ANDA BINJAI
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini berdasarkan hasil observasi yaitu kurang maksimalnya hasil belajar siswa serta kurang maksimalnya pemberikan variasi belajar pembelajaran di kelas X Tata Boga SMK Putra Anda Binjai. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran Koperatif tipe Talking Chips ini terhadap hasil belajar Boga Dasar kelas X Tata Boga. Penelitian dilaksanakan di SMK Putra Anda Binjai. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Boga SMK Putra Anda Binjai. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Uji validitas tes menggunakan rumus koefsien Point Biserial sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kesamaan dua rata-rata (uji t). Hasil penelitian menunujukkan bahwa berdasarkan tes hasil belajar yang diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Koperatif tipe Talking chips di peroleh rata-rata skor 73,13 dan varians 10,12 dengan skor tertinggi 95 dan skor terendah 41 dengan jumlah sampel 30 siswa. Tingkat kecendrungan nilai siswa 53,3% tergolong Baik dan 3,3% tergolong kurang. Sedangkan untuk hasil belajar dengan menggunakan model pembelajran konvensional terdapat rata-rata skor 54,23 dan varians 7,40 dengan skor tertinggi 70 dan skor terendah 41 dengan jumlah sampel 30 siswa. Tingkat kecendrungan nilai siswa 73,3% tergolong Cukup dan 23,4% tergolong kurang. Dari hasil perhitungan hipotesis terdapat thitungyaitu 8,05 dengan ttable yaitu 1,67 dapat terlihat bahwa thitung>ttabel atau 8,05>1,67 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Boga Dasar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Chips lebih tinggi dibandingkan hasil belajar Boga Dasar yang menggunakan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X SMK Putra Anda Binjai.
Kata kunci : Pembelajaran Konvensional tipe Talking Chips, Hasil belajar, Boga Dasar
Full Text:
PDFReferences
Abidin & Yunus, 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Jakarta: Refika Aditama
Ahmadi, Abu & Widodo Supriyono. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksaras
Bartono P.H & Ruffino, 2006. Dasar-Dasar Food Product. Jakarta: Andi
Dimyati dan Mudijion, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaful Bahri.2011.Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Golu W. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Grasindo
Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hilma Astuti, 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Terhadap Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 13 Banda Aceh. Skripsi (Unsyiah)
Ibrahim R & Nana Yaodin S, 2008. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Riena Cipta
Kagan, Spencer & Miguel. 2009. Kagan Cooperative Learning. Kagan Publishing
Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo
Rusman, 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press Sanjaya, Wina, 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group
Siahaan, Riana Friska Dkk. 2012. Bahan Ajar Dasar Boga. Medan: Unimed Press
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Hasil. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sudirman A.M, 2008. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar
Sugioni, 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta
Suprijono, Agus. 2012, Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi, Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Siti Cholifatul Indah. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Mtsn Karangrejo. Skripsi (Institut Agama Islam Negeri Tulungagung)
Widiarty. Z, 2013. Pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe kancing gemerincing terhadap hasil Dan minat belajar matematika siswa Kelas vii smp dwi sejahteraPekanbaru. Skripsi (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasyi Riau)
Wahab. 2013. Penggunaan Model Pembelajaran Talking Chips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Alat Tubuh Makhluk Hidup Dan Fungsinya. Skripsi (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakart
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v1i1.7748
Article Metrics
Abstract view : 358 timesPDF - 344 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.