Evaluasi Teknik Vokal Ên dalam Program Ekstrakurikuler Paduan Suara SD Kanisius Ganjuran Yogyakarta
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak teknik vokal “ên” terhadap perkembangan suara anak-anak dan pelafalan lirik dalam program ekstrakurikuler paduan suara SD Kanisius Ganjuran Yogyakarta. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur, yang berfokus pada analisis data dari penelitian sebelumnya yang telah dilakukan oleh peneliti sendiri. Data yang digunakan mencakup hasil pengamatan, wawancara, dokumentasi foto dan video, serta simpulan analisis terkait proses pembelajaran paduan suara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik “ên” efektif dalam meningkatkan kualitas suara dan keharmonisan paduan suara. Namun, penggunaan teknik ini secara berlebihan dapat mengurangi fleksibilitas dan keunikan karakter suara anak-anak, sehingga berpotensi menimbulkan distorsi vokal alami mereka. Selain itu, teknik ini juga dapat memengaruhi pelafalan lirik, terutama pada lagu-lagu yang membutuhkan pengucapan netral, karena suara “ên” cenderung membawa logat tertentu dalam artikulasi kata. Oleh karena itu, diperlukan pengawasan cermat untuk menjaga keseimbangan antara kualitas vokal dan karakter suara alami anak-anak.
Article Details
How to Cite
Harjito, A. W. . (2025). Evaluasi Teknik Vokal Ên dalam Program Ekstrakurikuler Paduan Suara SD Kanisius Ganjuran Yogyakarta. GESTUS JOURNAL : PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI, 5(1), 8–19. https://doi.org/10.24114/gsts.v5i1.65500
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Gestus Journal Held by the Author
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.