KREASI KREATIF MENGGUNAKAN BAHAN KERTAS KADO DENGAN TEKNIK ANYAMAN PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI SDN 26 PARAK BURUK DAN SDN 53 KAMPUNG JAMBAK KEC. KOTO TANGAH

Eliya Pebriyeni, Lisa Widiarti

Abstract


Abstrak

Guru yang mengajarkan materi pembelajaran untuk Seni Budaya dan Keterampilan, bahan yang digunakan biasanya masih berorientasi pada bahan buatan pabrik yang diperdagangkan. Namun, ternyata bahan yang digunakan sebagai bahan praktis dapat menggunakan bahan dari berbagai jenis kertas yang digunakan sebagai karya. Bahan kertas yang digunakan sebagai pekerjaan dapat diproses menggunakan teknik anyaman. Bahan kertas yang dapat digunakan sebagai karya termasuk: kertas plastik, kertas koran, kertas majalah, kertas HVS, kertas manila, kertas kado, dan sebagainya. Penggunaan kertas kado dalam membuat karya yang nantinya akan diolah menggunakan teknik anyaman sebagai bahan pembelajaran untuk Seni Budaya dan Keterampilan memberikan banyak manfaat, Selain tujuan pembelajaran dapat dicapai,  juga dapat mendidik siswa untuk dapat menggunakan objek yang ada di lingkungan. Prioritas masalah ditetapkan oleh Tim pelaksana bersama dengan Kepala SDN 26 Parak Buruk dan SDN 53 Kampung Jambak Padang. Masalah yang harus dipecahkan dilihat dari dua aspek kegiatan pembelajaran, yaitu: (1) manajemen materi praktik pembelajaran, (2) penguasaan dan penerapan bahan pembelajaran untuk Seni Budaya dan Keterampilan. Pembenaran utama dalam menentukan masalah yang harus dipecahkan adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam Seni Budaya dan Keterampilan di sekolah dasar. Prioritas masalah ditetapkan oleh Tim pelaksana bersama dengan Kepala SDN 26 Parak Buruk dan SDN 53 Kampung Jambak Padang. Masalah yang harus dipecahkan dilihat dari dua aspek kegiatan pembelajaran, yaitu: (1) manajemen materi praktik belajar, (2) penguasaan dan penerapan materi pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan. Pembenaran utama dalam menentukan masalah yang harus dipecahkan adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam Seni Budaya dan Keterampilan di sekolah dasar. Kegiatan pemecahan masalah dilakukan dengan pendekatan: Desain, konseling, pelatihan / lokakarya, dan implementasi. Sampai laporan kemajuan ini disiapkan, kegiatan target yang telah dicapai adalah: (1) Ada peningkatan pemahaman guru SDN Mitra di: Memahami konsep, konsep, dan proses pembuatan karya dengan menggunakan bahan kertas pembungkus dengan teknik tenunan dari 40% hingga 78%. (2) Produk yang dihasilkan berupa: (a) media pembelajaran dan model kerja, (b) identifikasi bahan praktikum dari kertas kado yang ada di lingkungan siswa, (c) kerajinan yang terbuat dari bahan sampah, yaitu kertas kado. Tahap selanjutnya dari rencana adalah melakukan kegiatan: Menulis artikel dan mengirim artikel ke jurnal ilmiah.

Kata Kunci: praktikum, kertas kado, anyaman

Abstract

Teachers who teach learning materials for Cultural Arts and Skills, the materials used are usually still oriented to the factory-made materials that are traded. However, it turns out that the materials used as practical materials can use materials from various types of paper that are used as works. The paper material used as the work can be processed using woven techniques. Paper materials that can be used as works include: plastic paper, newsprint, magazine paper, HVS paper, manila paper, wrapping paper and so on. The use of gift paper in making works that will later be processed using woven techniques as learning material for Cultural Arts and Skills provides multiple benefits, besides learning objectives can be achieved, it can also educate students to be able to use objects that are in the environment. Priority issues were set by the Implementation Team together with the Head of SDN 26 Parak Buruk and SDN 53 Kampung Jambak Padang. Problems to be solved are seen from two aspects of learning activities, namely: (1) management of learning practice materials, (2) mastery and application of learning materials for Cultural Arts and Skills. The main justification in determining the problems to be solved is to improve the quality of learning in Cultural Arts and Skills in elementary schools. Problem solving activities are carried out with an approach: Design, counseling, training / workshop, and implementation. Until this progress report is prepared, the target activities that have been achieved are: (1) There is an increase in understanding of SDN Mitra teachers in: Understanding the concepts, concepts, and processes of making work by using wrapping paper materials with woven techniques from 40% to 78%.(2) Produced products in the form of: (a) learning media and work models, (b) identification of practicum material from wrapping paper that is in the student's environment, (c) handicrafts made from waste material, namely gift paper. The next stage of the plan is to carry out activities: Writing articles and sending articles to scientific journals.

Keywords: practicum, wrapping paper, webbing

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v7i2.11855

Article Metrics

Abstract view : 669 times
PDF - 1513 times

Copyright (c) 2018 Eliya Pebriyeni, Lisa Widiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License