PEMBUATAN KERAJINAN KERAMIK DENGAN TEKNIK PILIN PADA SISWA KELAS X SMK PELAYARAN BUANA BAHARI

Kasmawati Kasmawati, Wahyu Tri Atmojo, Gamal Kartono, Heri Soeprayogi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membuat desain keramik, proses pembuatan keramik, dan finishing keramik dengan teknik pilin pada siswa kelas X SMK Pelayaran Buana Bahari.  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sampel 3 karya keramik siswa kelas X yang diambil menggunakan teknik Purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kamera sebagai dokumentasi dan lembar pengamatan sebagai penyaring data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, serta menggunakan lembar penilaian dengan tiga aspek penilaian yaitu desain, motif, dan teknik. Secara keseluruhan karya keramik dengan teknik pilin pada siswa kelas X SMK Pelayaran Buana Bahari, pada aspek penilaian desain memperoleh nilai rata-rata = 72 (baik), kemudian pada aspek penilaian motif memperoleh nilai rata-rata = 74 (baik), dan trakhir aspek penilaian teknik memperoleh nilai rata-rata = 88 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata karya keramik dengan teknik pilin oleh siswa kelas X SMK Pelayaran Buana Bahari, dari beberapa aspek penilaian yaitu aspek desain, motif dan teknik maka dapat dikategorikan baik dengan tital nilai 702 dan rata-rata = 78 (baik). jadi dapat disimpulkan bahwa hasil karya kerajinan keramik dengan teknik pilin pada siswa kelas X SMK Pelayaran Buana Bahari telah tergolong baik.

Kata Kunci: kerajinan keramik, teknik pilin.

Abstract

This study aims to determine the ability of students to make ceramic designs, process making ceramics, and finishing ceramics with a gyre technique in class X SMK Pelayaran Buana Bahari. This study used a qualitative descriptive method with a sample of 3 ceramic works of students of class X taken using a cluster sampling technique. The instrument of this study used the camera as documentation and observation sheet as a data filter. Data collection techniques were carried out using experiments, observation, documentation, and using assessment sheets with three aspects of assessment, namely design, motives, and techniques. Overall, ceramic works using the gyre technique in class X students of Pelayaran Buana Bahari Vocational School, in the aspect of design evaluation obtained an average value of 72 (good), then the aspects of the motive assessment obtained an average value = 74 (good), and final aspects Engineering assessment scores average = 88 (very good). Based on the results of the study it was obtained that the average value of ceramic works with the gyre technique by students of class X of Vocational School of Buana Bahari, from several aspects of assessment, namely aspects of design, motives and techniques can be categorized as good with a score of 702 and average = 78 . so it can be concluded that the work of ceramic crafts with the gyre technique in class X SMK Pelayaran Buana Bahari has been classified as good..  

Keywords: ceramic crafts, gyre techniques.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v8i2.15690

Article Metrics

Abstract view : 601 times
PDF - 8622 times

Copyright (c) 2019 Kasmawati Kasmawati, Wahyu Tri Atmojo, Gamal Kartono, Heri Soeprayogi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License