Cover Image

PENERAPAN ORNAMEN TRADISIONAL SUMATERA UTARA PADA TOPLES MAKANAN SEBAGAI SARANA REVITALISASI

Mesra Mesra, Gamal Kartono, Anam Ibrahim

Abstract


The purpose of this study is to find out the effectiveness of the preservation of traditional North Sumatra ornaments, by revitalizing. The steps are 1. Resocializing traditional North Sumatra ornaments to the next generation, 2. Display ornaments in the form of cutting stickers, and 3. Apply the cutting sticker on the outer surface of the food jar. Research methods conducted: 1. re-record the traditional ornament forms of North Sumatra, 2. determine the selected ornament as a sample, 3. re-design the shape of the ornament with a computer, 4. Apply the design to cutting sticker, 5. identify the shapes of the jar to be applied ornaments, 6. sticking cutting sticker on jar, 7. socialize jar products to the community through exhibitions. The results of the study were obtained forms of ornaments that were modified and obtained various forms of traditional Ornate jars of North Sumatra as a product of local genius.

Keywords: revitalization, traditional ornaments, cutting stickers.

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pelestarian ornamen tradisional Sumatera Utara, dengan dengan cara melakukan revitalisasi. Langkah-langkahnya yaitu: 1. mensosialisasikan ulang ornamen tradisional Sumatera Utara kepada generasi penerus, 2. menampilan ornamen dalam bentuk cutting sticker, dan 3. mengaplikasikan cutting sticker tersebut pada permukaan luar toples makanan. Metode penelitian yang dilakukan : 1. mendata ulang bentuk-bentuk ornamen tradisional Sumatera Utara, 2. menetapkan ornamen yang dipilih sebagai sampel, 3. meredisain bentuk ornamen dengan komputer, 4. Mengaplikasikan desain menjadi cutting sticker, 5. menidentifikasi bentuk-bentuk toples yang akan diterapkan ornamen, 6. menempelkan cutting sticker pada toples, 7. mensosialisasikan produk toples kepada masyarakat melalui pameran. Hasil penelitian yaitu diperoleh bentuk-bentuk ornamen hasil modifikasi dan berbagai bentuk toples berornamen tradisional Sumatera Utara sebagai produk local genius.

Kata Kunci:revitalisasi, ornamen tradisional, cutting sticker.

 

Authors:

Mesra : Universitas Negeri Medan

Gamal Kartono: Universitas Negeri Medan

Anam Ibrahim : Universitas Negeri Medan

 

References:

Asaniyah, N. (2017). Pelestarian Informasi Koleksi Langka: Digitalisasi, Restorasi, Fumigasi. Buletin Perpustakaan, 85-94.

A.W,Sukimin dan Edy Sutandur. (2008). Terampil Berkarya Seni Rupa 1. Solo: Pt Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Gall and Borg (1983). Educational Research, An Introduction. New York and London: Longman Inc.

Gustami, SP. (1980). Nukilan Seni Ornamen Indonesia. Yogyakarta: STSRI ”ASRI”.

Hadi, Y. Sumandiyo. (2018). Revitalisasi Tari Tradisional. Yogyakarta: Penerbit Dwi Quantum.

Hartoko, Alfa. (2010). Modifikasi Mobil dan Motor dengan Cutting Stiker. Yogyakarta: Penerbit Multicom (Anggota IKAPI).

Kantun, Sri. (2013). Hakitat dan Prosedur Penelitan Pengembangn. Jember: Repository Universitas Jember.

Meyer, Franz. (1892). Handbook of Ornament. New York: Dover Publication. Inc

Plomp, T. (2013). Educational Design Research: An Intoduction. Academia Edu.

Richey, Rita C.; Seels, Barbara. (1994). Defining a Field: A Case Study of the Development of the 1994 Definition of Instructional Technology. New York: Educational Media and Technology Yearbook, v20.

Sari, S. M., & Pramono, R. S. (2008). Kajian Ikonografis Ornamen pada Interior Klenteng Sanggar Agung Surabaya. Dimensi Interior6(2).

Sirait Baginda. (1980). Pengumpulan dan Dokumentasi Ornamen Tradisional di Sumatera Utara. Medan: IKIP Medan.

Sukaya, Y. (2009). Bentuk dan Metode dalam Penciptaan Karya Seni Rupa. Jurnal Seni Dan Pengajarannya1(1), 1-16.

Sunaryo, A. (2009). Ornamen Nusantara Kajian Khusus tentang Ornamen Indonesia. Semarang: Dahara Prize.

Saragi, D. (2018). Pengembangan Tekstil Berbasis Motif dan Nilai Filosofis Ornamen Tradisional Sumatra Utara. Panggung28(2), 161-174.

Y, Sudarjo. (1989). Ornamentik Indonesia. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Hayati, R. (2014). Pemanfaatan Bangunan Bersejarah sebagai Wisata Warisan Budaya di Kota Makassar. Jurnal Jumpa1(01).

Hergenhahn & Olson, Matthew H. (2008). Theoties of Learning. Jakarta: Kencana.

Iskandar, M. S. (2011). Pembentukan Persepsi Visual pada Iklan Televisi. Jurnal Visualita DKV3(1), 1-21.

Kartika, Sony Dharsono. (2007). Estetika. Bandung: Penerbit Rekayasa Sains.

Kusumaningrum, Khomsiana. (2003). Skripsi: Trend Mode Remaja Dalam Iklan. Surakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret.

L. Jason, R. Josh & C. Ross. (2014). Infografis: Kedasyatan Cara Bercerita Visual. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Pujiriyanto. (2005). Desain Grafis Komputer (Teori Grafis Komputer). Yogyakarta: Andi.

Visual, I. (2007). Dari Toekang Reklame Sampai Komunikator Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Puspita Sari, Vijar Maya. (2010). Tugas Akhir: Desain Komunikasi Visual Sebagai Strategi Perancangan Promosi Pariwisata Pantai Watukarung Kabupaten Pacitan. Surakarta: Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret.

Rustan, Surianto. (2010). Huruf Font Tipografi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, Surianto (2008). Layout Dasar dan Penerapanya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Santosa, Sigit. (2009). Creative Advertising. Jakarta: Penerbit PT. Elex Media Komputindo.

Tjiptono, Fandy. (2000). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tinarbuko, Sumbo. (2009). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Jala Sutra.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v11i1.33639

Article Metrics

Abstract view : 359 times
PDF - 950 times

Copyright (c) 2022 Mesra Mesra, Gamal Kartono, Anam Ibrahim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License