ANALISIS KREATIVITAS MENGGAMBAR FLORA MELALUI METODE EKSPRESI BEBAS SISWA KELAS VI SD 5 GONDANGMANIS
Abstract
At the elementary school education level, students art education is focused on handicraft skills, one of which is the art of drawing. However, students creativity in drawing is still not optimal. So this study was conducted with the aim of analyzing the creativity of grade VI students at SD 5 Gondangmanis in drawing flora using the expression method and evaluating the inhibiting factors of student drawing creativity. This study uses a narrative qualitative methods with data collection through observation, interviews, and documentation. The data analysis technique used in this study with data reduction, data presentation, and data verification (conclusion drawing). The results of this study show that the majority of grade VI students at SD 5 Gondangmanis Kudus Regency have a low level of creativity. Based on assessment report of student work on flora drawings in this study showed that 55% of students were still in the poor category with scores below 70. 9% of students were in the fair category. 18% of students are in the good category. And another 18% were in the excellent category. This study also found that the major factors that constrait students creativity in drawing flora with the free expression method are lack of calmness when creating, concern about assessment, and limitations in terms of materials or space for drawing in the free expression method.
Keywords: creativity, drawing, method of free expression.
Abstrak
Pada tingkat pendidikan Sekolah Dasar, pendidikan seni siswa difokuskan pada keterampilan kerajinan tangan salah satunya seperti seni menggambar. Namun, kreativitas siswa dalam menggambar masih belum optimal. Maka penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kreativitas siswa kelas VI di SD 5 Gondangmanis dalam menggambar flora menggunakan metode ekspresi serta mengevaluasi faktor penghambat kreativitas menggambar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naratif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data (conclusion drawing). Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa mayoritas siswa kelas VI di SD 5 Gondangmanis Kabupaten Kudus memiliki tingkat kreativitas yang rendah. Data pada penilaian karya siswa hasil gambar flora pada penelitian ini menunjukan 55% siswa masih berada pada kategori kurang dengan nilai di bawah 70. 9% siswa berada pada kategori cukup. 18% siswa berada pada kategori baik, dan 18% lainnya pada kategori sangat baik. Penelitian ini juga menemukan bahwa faktor terbesar yang menghambat kreativitas siswa dalam menggambar flora dengan metode ekspresi yaitu kurangnya ketenangan saat berkreasi, adanya rasa kekhawatiran terhadap penilaian, dan keterbatasan dalam hal bahan atau ruang untuk menggambar dalam metode ekspresi bebas.
Kata Kunci: kreativitas, menggambar, metode ekspresi bebas
Authors:
Anggi Deswanty : Universitas Muria Kudus
Nur Fajrie : Universitas Muria Kudus
Lintang Kironoratri : Universitas Muria Kudus
References
Alwi, S., & Salsabila, A. (2020). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Siswa Dalam Muhadatsah Yaumiyyah Di Pondok Pesantren Modern Tgk. Chiek Oemar Diyan Aceh Besar. (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 9(1), 60-77.
Anastasya, V. E., Ristiyani, R., & Fajrie, N. (2021). Permainan Ludo sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1) -14.
Arhesa, S., Sofyan, D., & Ramadhan, M. F. (2020). Identifikasi Faktor-Faktor Penghambat Belajar Renang. Journal Respecs, 2(2), 57-62.
Atira, A., Babo, R., & Muhajir, M. (2022, January). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Ips Siswa Kelas V Sd. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Fajrie, N. (2016). Pengenalan Kegiatan Seni Rupa untuk Anak Tunanetra dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Sensitivitas. Jurnal Imajinasi, 10(2), 4–158.
Hariyani, T. I., Fajrie, N., & Roysa, M. (2021). Kreativitas Seni Melalui Metode Collective Painting. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2).
Has, S. A. (2021). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Masa New Normal. Atta'dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 52-66.
Heristian, M., Efi, A., & Budiwirman, B. (2022). MENGEMBANGKAN KARAKTER ANAK MELALUI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 11(2), 410-416.
Irsanin, A. S. (2023). GAMBARAN KECEMASAN SISWA KELAS VI SD NEGERI TUNGGULSARI 1 DALAM MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH. JURNAL TALENTA, 12(2).
Kironoratri, L. (2020). Komik Berbasis Pendidikan Karakter Sebagai Media Pembelajaran Memproduksi Teks Cerpen. In PROSIDING SEMINAR DAN DISKUSI PENDIDIKAN DASAR.
Mikaresti, P., & Mansyur, H. (2022). Pewarisan Budaya Melalui Tari Kreasi Nusantara. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 11(1), 147-155.
Nahdah, R. N., Fajrie, N., & Kironoratri, L. (2022). Hasil dan Nilai-Nilai Persepsi Anak dalam Mengapresiasi Seni Gebyok di Desa Blimbing Rejo Jepara. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3420-3425.
Nainggolan, M., Silaban, B., & Azis, A. C. K. (2018). Analisis Karya Gambar Bentuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Simangumban Berdasarkan Prinsip-Prinsip Seni Rupa. Gorga Jurnal Seni Rupa, 7(2), 212-217.
Pebrianty, R. D., & Pamungkas, J. (2023). Menggambar sebagai Alternatif Pendekatan Konsepsi Pendidikan Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 536-547.
Rosyda, H. (2019). Penggunaan Metode Ekspresi Bebas Untuk Meningkatkan Kreativitas Menggambar Anak Di RA Guppi Kabupaten Blitar. (Skripsi, Univesitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang).
Safithry, E. A. (2022). Efektifitas Cognitive Behavior Theraphy Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Menghadapi Ujian Pada Siswa: The Effectiveness Of Cognitive Behavior Theraphy To Reduce Students' Examination Anxiety Level. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 35-44.
Septaria, L., & Wulandari, R. (2023). Penerapan Metode Ekspresi Bebas Untuk Meningkatkan Kreativitas Menggambar Anak Kelompok Bermain Usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(2), 171-175.
Wahyuni. (2017). Kemampuan Menggambar Bentuk Siswa Kelas VII SMP NEGERI 1 Bolo Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. (Skripsi, Universitas Negeri Makassar).
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/gr.v13i01.50137
Article Metrics
Abstract view : 99 timesPDF - 101 times
Copyright (c) 2024 Anggi Deswanty, Nur Fajrie, Lintang Kironoratri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id
Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License