Cover Image

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENGGAMBAR POSTER MENGGUNAKAN PENDEKATAN ILMIAH DI SMP NEGERI 8 DUMAI

Yuliana Dewi, Aidil Dewi Angriani, Agusti Efi

Abstract


This study aims to produce a description of the implementation of art and culture learning in the visual arts aspect of poster drawing material based on a scientific approach at SMP Negeri 8 Dumai. Therefore, this research will focus on being able to how to implement poster drawing learning using a scientific approach in SMP Negeri 8 Dumai. The type of method used in this research is descriptive qualitative research, is a research method that describes something to be tested that sentence form. The examiner's information was obtained from a list of references, observations, questions and answers and data collection. From the results of the study, it was found that the implementation of poster drawing learning using a scientific approach in SMP Negeri 8 Dumai was the planning stage, the implementation stage and the evaluation stage. The results of the study can also determine what learning syntax is carried out by educators and students in learning to draw posters, namely observation, question and answer, seeking information and trying, studying. Based on the results and discussion of research on the implementation of poster drawing lessons in class VIII.2 SMP Negeri 8 Dumai, it can be decided that the implementation was not carried out in accordance with the wishes of the 2013 curriculum.

Keywords: implementation, poster drawing, scientific approach.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan agar dapat menghasilkan deskripsi mengenai implementasi pembelajaran seni budaya, aspek seni rupa, materi menggambar poster berlandaskan pendekatan ilmiah di SMP Negeri 8 Dumai. Oleh karena itu penelitian ini akan difokuskan pada bagaimana implementasi pembelajaran menggambar poster menggunakan pendekatan ilmiah di SMP Negeri 8 Dumai. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif adalah metode penelitian yang menguraikan tentang sesuatu yang ingin diujikan yang berbentuk kalimat. Informasi penguji tersebut didapatkan dari daftar rujukan, pengamatan, tanya jawab serta pengumpulan data. Dari hasil penelitian ditemukan implementasi pembelajaran menggambar poster memakai pendekatan ilmiah di SMP Negeri 8 Dumai adalah tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Hasil penelitian tersebut juga dapat menentukan apa saja sintak pembelajaran yang dilaksanakan oleh pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran menggambar poster, yaitu observasi, tanya jawab, mencari informasi serta mencoba, menelaah. Berdasarkan hasil serta pembahasan penelitian tentang implementasi pembelajaran menggambar poster di kelas VIII.2 SMP Negeri 8 Dumai dapat diputuskan bahwa implementasi itu tidak dilakukan sesuai dengan keinginan kurikulum 2013.  

Kata Kunci: implementasi, menggambar poster, pendekatan ilmiah. 

 

Authors:

Yuliana Dewi : Universitas Negeri Padang

Aidil Dewi Angriani : Universitas Negeri Padang

Agusti Efi : Universitas Negeri Padang

 

References:

Daryanto, D. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Fadlillah, F. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Hamalik, O. (2012). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasnun, A. (2006). Pedoman Menulis untuk Siswa SMP dan SMA. Yogyakarta: Andi.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kustanti, C., & Bambang, S. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Majid, M., & Chaerul, R. (2014). Pendekatan Ilmiah. Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurdin, U. (2011). Implementasi Pembelajaran. Yogyakarta: Rajawali Pers.

Siregar, N. H., Azis, A. C. K., Mesra, M., & Mirwa, T. (2020). Analisis Gambar Bentuk Bunga Anggrek dengan Teknik Pointilis Berwarna di SMP Al-Fityan School Medan. Gorga: Jurnal Seni Rupa9(1), 94-99.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2005). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono, S. (2012). Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tohirin, T. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v11i2.34774

Article Metrics

Abstract view : 308 times
PDF - 189 times

Copyright (c) 2022 Yuliana Dewi, Aidil Dewi Angriani, Agusti Efi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License