Cover Image

PERANCANGAN POSTER DIGITAL SEBAGAI SARANA EDUKASI DAN INFORMASI PEMILU 2024

Dimas Dwi Saputra

Abstract


The atmosphere of the 2024 election campaign is starting to appear, especially on social media timelines. The buzzers have started to become more aggressive and argue with each other. This step was taken from all sides, they did not even hesitate to spread rumors and hoax news to bring down their rivals. Arguing with each other using anonymous accounts is provocative. The atmosphere on social media timelines is getting hotter. This research aims to design a digital poster series as an educational and informational effort ahead of the 2024 election. This design method uses the design thinking method which consists of five stages, namely: empathize, define, ideate, prototype and test. The results of the design were four poster works entitled, Fight Hoax, Don't Be Divided, Keyboard Warrior, and Don't Trust. Digital poster media is considered practical and light to be the first door for young voters to find the latest information about further elections. Moreover, the visual theme used in this design is a vintage or retro theme, which has become a trend for young people today. Packaged attractively, digital posters are here to provide advice, information and education ahead of the election. Digital posters can be positive content and contribute to the success of the 2024 election which is sporty, conducive and successful.

Keywords : digital posters, information education, election


Abstrak

Suasana kampanye pemilu 2024 mulai terlihat, terutama di lini masa media sosial. Para buzzer sudah mulai gencar dan saling beradu argumen. Langkah tersebut dilakukan dari semua kubu, bahkan mereka tidak segan-segan menebar isu-isu dan berita hoax untuk menjatuhkan rivalnya. Saling beradu argumen menggunakan akun-akun anonim berbau provokatif yang membuat suasana lini masa media sosial pun semakin memanas. Penelitian ini bertujuan untuk membuat perancangan poster seri digital sebagai upaya edukasi dan informasi jelang pemilu 2024. Metode perancangan ini menggunakan mteode design thinking yang terdiri dari lima tahap, yakni: empathise, define, ideate, prototype dan test. Hasil perancangan diperoleh empat karya poster yang berjudul, Fight Hoax, Jangan Terpecah, Keyboard Warrior, dan Don’t Trust. Media poster digital dinilai praktis dan ringan untuk menjadi pintu awal pemilih muda untuk mencari informasi terkini tentang pemilu lebih lanjut. Apalagi tema visual yang digunakan dalam perancangan ini adalah tema vintage atau retro, yang kembali menjadi trend anak muda pada zaman sekarang. Dikemas secara menarik poster digital hadir untuk memberi himbauan, informasi, dan edukasi jelang pemilu. Poster digital dapat menjadi konten positif dan turut serta mensukseskan pemilu 2024 yang sportif, kondusif, sukses.

Kata Kunci: poster digital, edukasi informasi, pemilu

 

Author:

Dimas Dwi Saputra : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

 

References:

Brown, T. (2009). Change by design: How design thinking creates new alternatives for business and society. Collins Business.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana9(1), 140-157.

Dania, R. (2023). PERAN DAN PENGARUH MEDIA SOSIAL DALAM KAMPANYE PEMILIHAN PRESIDEN 2024. Virtu: Jurnal Kajian Komunikasi, Budaya dan Islam3(2), 103-109.

Febrianti, K. A. M. (2021). Perancangan Poster Digital pada Objek Wisata Taman Edelweis Dimasa Pandemi Covid-19. In SANDI: Seminar Nasional Desain (Vol. 1, pp. 173-179).

Healty, A. (2018). Strategi Membentengi Pola Komunikasi Pengguna Sosial Media terhadap Pelanggaran UU ITE. Network Media1(2).

Irfan, I. (2015). Perpaduan Elemen-Elemen Desain Pada Karya Desain Poster Mahasiswa (Studi Kasus pada Tugas Poster Mata Kuliah Penulisan Naskah Iklan Dkv Fsd Unm Angkatan 2011). Tanra2(2), 54-68.

Kusuma, C. S. D. (2020). Dampak media sosial dalam gaya hidup sosial (studi kasus pada mahasiswi pendidikan administrasi perkantoran FE UNY). Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi17(1), 15-33.

Lesmanah, U., Sugiono, S., & Hayat, H. (2020). Pembuatan Konten Tulisan Positif di Media Sosial Sebagai Komunikasi Preventif dan Kontribusi Mahasiswa dalam Menangkal Hoax. BUDIMAS: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT2(2).

Siburian, S. A. (2019). Tinjauan Tata Letak (Layout) Poster Anti Narkoba Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Utara (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan).

Sumartono, S., & Astuti, H. (2018). Penggunaan poster sebagai media komunikasi kesehatan. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi15(1).

Supandi, M. B., & Adek Cerah, K. A. (2020). Peninjaun Poster dari Warna dan Tipografi di SMK Multimedia Istiqlal. Gorga: Jurnal Seni Rupa9(2).

Susanto, T. (2016). Iklan Layanan Masyarakat Tentang Dampak Sampah terhadap Lingkungan Melalui Media Poster (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Zein, M. F. (2019). Panduan Menggunakan Media Sosial untuk Generasi Emas Milenial. Mohamad Fadhilah Zein.


Keywords


Pemilu, Poster, Media Sosial

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v13i01.57469

Article Metrics

Abstract view : 26 times
PDF - 26 times

Copyright (c) 2024 Dimas Dwi Saputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License