Cover Image

ANALISIS PEMANFAATAN KONTEN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI USAHA SYAMIL AQIQAH

Mita Muliawati, Yanuar Rahman, Mohamad Tohir, Rizky Yantami Arumsari

Abstract


Syamil Aqiqah is a business that operates in the field of aqiqah catering services and general catering and has been established for six years since 2018. Syamil already has three branches, namely in Jakarta, Depok and Bogor. As a company developing in the food sector, Syamil Aqiqah needs to optimize its sales, therefore social media is used as a medium for publication and promotional purposes. This research aims to understand how Instagram functions as a promotional media tool for Syamil Aqiqah. This research was analyzed using social media communication theory as a promotional media tool. This research was implemented using a qualitative descriptive approach method. The data collection procedure in this research was through observation and interviews. In this research, Syamil Aqiqah has used Instagram as its promotional media and in applying it, Syamil Aqiqah focuses more on spreading information related to aqiqah and stories about customer experiences after using catering services at Syamil via the Syamilaqiqahofficial Instagram platform.

Keywords: Instagram, Communication, Promotion, Social Media


Abstrak

Syamil Aqiqah adalah sebuah bisnis yang bergerak dibidang jasa catering aqiqah dan catering umum dan telah berdiri selama enam tahun sejak tahun 2018. Syamil sudah memiliki tiga cabang yaitu di Jakarta, Depok, dan Bogor. Sebagai perusahaan yang berkembang di bidang makanan, Syamil Aqiqah perlu mengoptimalkan penjualannya, maka dari itu media sosial dimanfaatkan sebagai media publikasi dan keperluan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami seperti apa Instagram berfungsi sebagai alat media promosi dari Syamil Aqiqah. Penelitian ini di analisis menggunakan teori komunikasi sosial media sebagai alat media promosi. Penelitian ini diimplementasikan dengan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Prosedur perolehan data dalam penelitian ini melalui observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini Syamil Aqiqah telah menggunakan Instagram sebagai media promosinya dan dalam mengaplikasikannya Syamil Aqiqah ini lebih fokus menyebarkan informasi terkait aqiqah serta cerita tentang pengalaman pelanggan setelah menggunakan jasa catering di Syamil melalui platform Instagram syamilaqiqahofficial.

Kata Kunci: Instagram, Komunikasi, Promosi, Sosial Media


Authors:

Mita Muliawati : Universitas Telkom

Yanuar Rahman : Universitas Telkom

Mohamad Tohir : Universitas Telkom

Rizky Yantami Arumsari : Universitas Telkom


References

Aryani, I. D., Murtiariyati, D., Widya, S., & Yogyakarta, W. (2022). Indita Dewi Aryani Dita Murtiariyati Souvenir Project. In Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia STIE Wiya Wiwaha, 2(2), 466-477.
https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i2.479

Bahri, S., Rizki Harahap, R., Rahmah, H., Maulana, S., & Studi Manajemen, P. (n.d.). Analisis Strategi Komunikasi Bisnis Efektif di Era Digital: Studi Kasus dari Berbagai Industri. Jurnal Pendidikan Tambusai. 7(2), 14374-14379

  https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8675

Dwi Saputra, D., Seni, P., & Program Magister, S. (n.d.). DIGITAL POSTER DESIGN AS A MEANS OF EDUCATION AND INFORMATION IN THE 2024 ELECTION. Jurnal Seni Rupa, 13.

Fajri Muttaqien, A., Hibatullah, F., & Wulandari, R. (2022). Efektivitas Media Sosial Instagram Terhadap Pengungkapan Diri. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Media Sosial (JKOMDIS), 2(3), 370-375.

https://doi.org/10.47233/jkomdis.v2i1.396

Fazriah Oktaviani, W., Fatchiya, A., Manusia, F. E., Pertanian Bogor, I., Departemen, D., Komunikasi,S., & Masyarakat, P. (n.d.). (2019) Efektevitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Promosi Wisata Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten. The Effectiveness of Social Media as a Media Promoting of Umbul Ponggok Tourism, Klaten Regency, Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(1), 13-27. https://doi.org/10.46937/17201926586

Fitra Alfajri, M., Adhiazni, V., & Aini, Q. (2019). Pemanfaatan Social Media Analytics Pada Instagram Dalam  Peningkatan Efektivitas Pemasaran. In Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 34-42.  https://doi.org/10.14710/interaksi.8.1.34-42

Gracela, A., & Nathania Cerlita, V. (2022). Pengaruh Insight Media Sosial Instagram Terhadap Penjualan Produk Online. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 6(2), 2598–9944. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i1.3174/http

Hikmat, J., Muhammad, U., Fadli, D., Khalida, L. R., Buana, U., & Karawang, P. (2023). Digital Marketing Strategy In Increasing Sales Turnover At Saung Aqiqah Cianjur Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Pada Saung Aqiqah Cianjur. Management Studies and Entrepreneurship Journal,4(5), 7449-7457 https://doi.org/10.37385/msej.v4i6.2560

Indika, D. R., & Jovita, C. (n.d.) (2017). Media Sosial Instagram sebagai Sarana Promosi untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen, Jurnal Bisnis Terapan. 1(01), 25-32. https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296

Khusna Aisi, O., & Jawa Timur, P. (2022). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sektor Promosi Usaha Kecil Di Era Pandemi. In Jurnal Hukum Islam dan Ekonomi Syariah, 3(1), 70-84. 

https://doi.org/10.55380/tasyri.v3i1.225

Mubarokah, A., Wahyuni, S., & Zulianto, M. (2022). Strategi Komunikasi pemasaran melalui media sosial Instagram (Studi Deskriptif pada Akun @osingdeles). Jurnal Pendidikan Ekonomi. 16(1), 98-104. https://doi.org/10.19184/jpe.v16i1.24614

Nugroho, T. A., & Citra Azzahra2, F. (2022). Pemanfaatan Instagram Sebagai  Media Promosi Social Commerce Usaha BRO.DO. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 136-149. https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i1.1883

Pebriany, A. S., Nunung, S. (2020). Peran Kepala dan Komite Sekolah Dalam Membangun Citra Positif Madrasah Diniyah. Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi, 01(02),92-100.
https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2020.1.2.563

Purnomo, E., Aulia, R. Z., Hanum, A. W., & Mutia Sari, D. (n.d.). Promosi Objek Wisata Bangunan Bersejarah Di Kota Sawahlunto Dalam  Desain Infografis. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 11(2), 74-80. http://dx.doi.org/10.24114/gr.v11i1.36371

Santoso, E. D., & Larasati, N. (2019). Benarkah Iklan Online Efektif Untuk Digunakan Dalam Promosi Perussahaan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan   Ekonomi Asia, 13(1), 28–36. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.99

Sikumbang, M. A. H., Ridho, M. A., Lubis, A., & Al- Rasyid, H. (2024). Mencari Hikmah Di Balik Tradisi: Makna Dan Tujuan Aqiqah Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Ilmu  Pendidikan Islam, 2(2), 216–225. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i2.975

Sirodjudin, M., Sudarmiatin (2023). Implementasi Digital Marketing Oleh UMKM di Indonesia: A Scoping Review. Ebismen: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 2(2), 20-35. https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i2.783

Tiara Yasmine, H. (n.d.) (2022). Praktik Pesanan Paket Aqiqah Dalam Tinjauan Hukum Islam, Maliyah: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 12(1), 47-68. https://doi.org/10.15642/maliyah.2022.12.1

Tresnawati, Y., & Prasetyo, D. K. (2018). Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner kika’s Catering di Media Sosial. Profesi Humas, 3(1), 102–119. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15333

Utami, G. A., & Nawawi, Z. M. (2022). Peran Media Sosial Dalam Peningkatan Jaringan Pasar. Journal Economy And Currency Study (JECS), 4(2), 93-98. https://doi.org/10.51178/jecs.v4i2.752

Wijayanti, A. (2021). Efektivitas Instagram dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 2(1), 26–39. https://doi.org/10.36256/ijtl.v2i1



Keywords


Instagram; Promotional Media; Social Media; Syamil Aqiqah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v13i01.57255

Article Metrics

Abstract view : 142 times
PDF - 88 times

Copyright (c) 2024 Mita Muliawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License