APPLICATION OF TUTOR METHODS IN THE FULLEST TESTING OF TEACHER PERFORMANCE MEASUREMENT
Abstract
Abstrak: Penerapan Metode Tutor Sebaya Dalam Pemenuhan Penilaian Kinerja Guru SD. Analisis awal pada 2017 terhadap 36 orang guru di SDN Kecamatan Deli Tua ditemukan permasalahan bahwa guru belum memenuhi butir-butir kinerja guru yang disyaratkan sesuai dengan Peraturan MENPAN dan RB No.16 Tahun 2009. yaitu: Kompetensi pedagogik, Kompetensi kepribadian, Kompetensi sosial, dan Kompetensi professional. Pemenuhan PKG dengan menerapkan metode tutor sebayamerupakan strategi yang dapat meningkatkan kompetensi guru (pedagogik, kepribadian, sosial dan professional). Metode penelitian ini deskriptif kualitatif. Lokasi di SDN. 101801 dan SDN 108075 Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini dilaksanakan dari Juni s.d November 2017 di SDN. 101801 dan SDN. 108075 Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa dari 36 orang guru terdapat 7 orang (19,44%) pada kategori baik, 12 orang (33,33%) cukup, 9 orang (25%) sedang, 8 orang (22,22%) pada kurang. Selanjutnya rata-rata kompetensi guru yaitu 65,23 yaitu kategori Cukup, dengan demikian Penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan Pemenuhan Penilaian Kinerja Guru SD.
Kata Kunci: Metode, Tutor Sebaya, Pemenuhan, PKG, SD
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v8i1.10564
Article Metrics
Abstract view : 372 timesPDF - 270 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Halimatussakdiah Halimatussakdiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.