MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI NO. 015897 BUNTU PANE

RAMLI SITORUS, ERTILA SIBURIAN

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kontekstual pokok bahasan penjumlahan pecahan pada kelas V SD Negeri 015897 Buntu Pane. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah : a) Rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika pada pokok bahasan Penjumlahan Pecahan, b) Rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada pokok bahasan Penjumlahan Pecahan, c) Kurangnya pendekatan pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa.

Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ketercapaian setiap indikator mencapai persentase mulai dari 34,7% - 95,6% yaitu dari perubahan siklus I dan siklus II. Maka dalam penelitian membuktikan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual yang maksimal akan mampu mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan Penjumalahan Pecahan terhadap minat belajar siswa. Penggunaan pendekatan pembelajaran kontekstual dalam mata pelajaran Matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V SD Negeri 015897 Buntu Pane Kecamatan Buntu Pane Kabupaten Asahan Tahun Ajaran 2010/ 2011.

Kata kunci : Minat belajar, pendekatan kontekstual, MM


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v1i1.1250

Article Metrics

Abstract view : 1018 times
PDF - 1064 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 RAMLI SITORUS, ERTILA SIBURIAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.