MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KERJA LAPANGAN, INKUIRI, DISKUSI PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 050670 PANTAI GEMI

KHAIRUL ANWAR, RIZKY CHAIRU RAMADHAN

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kerja lapangan, inkuiri dan diskusi terhadap keberhasilan belajar pada pelajaran IPA dikelas V SD Negeri 050670 Pantai Gemi Tahun Ajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang yang akan diberikan tindakan berupa pengajaran melalui model pembelajaran kerja lapangan, inkuiri dan diskusi. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi pelajaran IPA sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : 1) Pada siklus I pertemuan 1 dari 22 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 4 orang siswa (18,18%) yang sudah aktif dalam belajar, sedangkan selebihnya yaitu 18 orang siswa (81,82%) belum aktif didalam belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 57,76. Kemudian di siklus I pertemuan kedua, dari 22 orang siswa hanya 7 orang siswa yang aktif di dalam belajar (31,18), dan terdapat 15 orang siswa yang belum aktif dalam belajar (68,82%). Dan nilai rata-rata pada siklus I pertemuan 2 adalah 60,79. 2) Kemudian setelah diberikan tindakan pada siklus II sebanyak dua kali pertemuan, siswa kembali diberi test aktivitas belajar pada siklus II pertemuan 1 yang kemudian diperoleh ternyata dari 22 orang siswa, diperoleh 11 orang yang sudah aktif (50%) dan 11 orang yang belum aktif dalam belajar (50%). Dan nilai rata-rata siklus II pertemuan 1 adalah 65,75. Kemudian, di siklus II pertemuan 2, terdapat 20 orang siswa yang aktif dalam belajar (90,90%) dan 2 orang yang belum aktif dalam belajar (9,10%). Dan nilai rata-rata siklus II pertemuan 2 adalah 74,05. Pembelajaran menggunakan model kerja lapangan, inkuiri, dan diskusi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas V SD Negeri 050670 Pantai Gemi T.A. 2013/2014.

 

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran Kerja Lapangan, Inkuiri, Diskusi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v1i2.1256

Article Metrics

Abstract view : 432 times
PDF - 402 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 KHAIRUL ANWAR, RIZKY CHAIRU RAMADHAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.