UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA PELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • TRI SUCI MAYANG SARI

DOI:

https://doi.org/10.24114/jh.v1i1.1271

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setian siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas V Sd Negeri 101780 Percut yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 19 orang siswa perempuan dan 11 orang siswa laki-laki. Berdasarkan analisis data yang diperoleh Hasil observasi terhadap siklus I sampai siklus II menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan kreativitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan mind mapping. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil skor penilaian untuk siklus I pertemuan 1 53,09% dan pertemuan 2 58,08%  sedangkan untuk siklus II sebesar 69,96% sedangkan pertemuan 2 nya 82,04%. Dan nilai untuk keterampilan membuat mind mapping siklus I 54,91% sedangkan untuk siklus II 82,87%. Oleh karena itu metode Mind Mapping adalah salah satu alternative pada materi sifat-sifat bangun ruang di kelas V SD Negeri 101780 Percut. Kata Kunci : Kreativitas belajar, Metode Mind Mapping, IPA

Downloads

Published

2014-09-04

How to Cite

MAYANG SARI, T. S. (2014). UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA PELAJARAN MATEMATIKA. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 1(1). https://doi.org/10.24114/jh.v1i1.1271