UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA PELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setian siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas V Sd Negeri 101780 Percut yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 19 orang siswa perempuan dan 11 orang siswa laki-laki. Berdasarkan analisis data yang diperoleh Hasil observasi terhadap siklus I sampai siklus II menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan kreativitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan mind mapping. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil skor penilaian untuk siklus I pertemuan 1 53,09% dan pertemuan 2 58,08% sedangkan untuk siklus II sebesar 69,96% sedangkan pertemuan 2 nya 82,04%. Dan nilai untuk keterampilan membuat mind mapping siklus I 54,91% sedangkan untuk siklus II 82,87%. Oleh karena itu metode Mind Mapping adalah salah satu alternative pada materi sifat-sifat bangun ruang di kelas V SD Negeri 101780 Percut.
Kata Kunci : Kreativitas belajar, Metode Mind Mapping, IPA
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v1i1.1271
Article Metrics
Abstract view : 1005 timesPDF - 395 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 TRI SUCI MAYANG SARI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.