PENGGUNAAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI NO.040474 TIGASERANGKAI

RISMA SITOHANG, TUTI AFRIANI SEMBIRING

Abstract


ABSTRAK

Saat ini, kebanyakan pembelajaran IPS dianggap sukar atau sulit, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa  dalam pembelajaran IPS. Hal ini dikarenakan para pendidik kurang menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dalam penyajian materi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model Quantum Teaching pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Perjuangan para Tokoh daerah dalam melawan penjajah kelas V SD Negeri 040474 Tigaserangakai. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 040474, yang berlokasi di Desa Berastepu Tigaserangakai Kec, Simpang Empat,Kap.Karo  yang berjumlah 20 orang siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Quantum Taeching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasaan perjuangan para tokoh dearah dalam melawan penjajah kelas V SD Negeri 040474 tigaserangkai.Pola pembelajaraan guru hendaknya tidak monoton dengan ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas saja, tetapi bisa dikembangkan dengan penerapan pembelajaraan yang aktif, kreatif dan menyenangkan yaitu salah satunya dengan menggunakan model quantum teaching dalam pembelajaraan dan meningkatkan mutu pendidikan.

Kata kunci: Model Quantum Teaching, hasil belajar, pelajaran IPS.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v1i1.1345

Article Metrics

Abstract view : 704 times
PDF - 286 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 RISMA SITOHANG, TUTI AFRIANI SEMBIRING

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.