PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MELIHAT DAYA SERAP SISWA KELAS VIII-1 SMP NEGERI 29 MEDAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini menerapkan model pembelajaran student facilitator and explaining untuk melihat daya serap siswa yang juga akan mempengaruhi aktivitasbelajar siswa pada mata pelajaran PKn. Penerapan model dilaksanakan dalam penelitian tindakan kelas selama dua siklus dengan dua kali pertemuan (KBM) setiap siklusnya. Sehingga data dalam penelitian ini adalah berpikir kritis, aktivitas siswa setelah menerapkan model pembelajaranstudent facilitator and explaining, dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 29 Medan, yang berjumlah 37 siswa. Data aktivitas diperoleh dari pengamatan siswa tiap siklus, data hasil belajar diperoleh dari tes setiap akhir siklus.Hasil penelitian menunjukkan; 1) Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menerapkan model pembelajaran student facilitator and explaining pada siklus I aktivitas membaca dan menulis sebesar 24,0%, bertanya sesame teman 22,0%, bertanya pada guru 14,0%, yang tidak relevan sebanyak 23,0%. Sedangkan pada siklus II aktivitas membaca dan menulis sebesar 24,0%, bekerja 34,0%, bertanya pada teman 23,0%, bertanya pada guru 17,6%, yang tidak relevan sebanyak 2,0 Penelitian ini hanya dilakukan dalam satu kelas yakni kelas VIII-1 Negeri 29 Medan karena keterbatasan dana dan waktu, hal ini membatasi kesimpulan akhir hanya berlaku pada kelas subjek tersebut dan perlu pembuktian untuk kelas yang lain.
Kata Kunci : Model Student Facilitator And Explaining, Daya Serap Siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v2i1.1745
Article Metrics
Abstract view : 251 timesPDF - 152 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 T.SERI AMINAH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.