UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 101776 SAMPALI
DOI:
https://doi.org/10.24114/jh.v3i2.2147Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS melalui Pendekatan Kooperatif Model Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dimulai dari freetes siswa yang tuntas sebanyak 6 orang dengan persentase ketuntasannya 24,47% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 34 orang dengan persentase tidak tuntasnya 75,53% (2) nilai rata-rata pada siklus I pertemuan pertama adalah 62,5, siswa yang tuntas sebanyak 15 orang dengan persentase ketuntasannya 46,52% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 25 orang dengan persentase tidak tuntasnya 53,48% (3) nilai rata-rata pada siklus I pada pertemuan kedua adalah 76, siswa yang tuntas sebanyak 31 orang dengan persentase ketuntasannya 82,89% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 9 orang dengan persentase tidak tuntasnya 17,11% (4) nilai rata-rata pada siklus II adalah 88,12, siswa yang tuntas sebanyak 37 orang dengan persentase ketuntasannya 95,42 dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 orang dengan persentase tidak tuntasnya 4,58%. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, Memahami KoperasiDownloads
Published
2015-06-30
How to Cite
Silahi, W., & Putri, D. (2015). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 101776 SAMPALI. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 3(2). https://doi.org/10.24114/jh.v3i2.2147
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2015 Wesly Silahi, Dwi Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Handayani PGSD FIP UNIMED Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)