PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA KELAS VIII-2 DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENTDEVISION (STAD) DI SMP NEGERI 3 BERASTAGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Daya ingat belajar siswa secara individu serta hasil dan aktivitas belajar siswa selama kegiatan belajar mengajar dengan menerapkan Model Pembelajaran (STAD) .Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas Kelas VIII-2 SMP Negeri 3 Berastagi dengan jumlah 39 orang. Hasil belajar siswa dengan menerapkan (STAD) mengalami peningkatan. Dengan rata-rata siklus I dan II masing-masing 70,3 dan 85,9. Dari hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, maka ada beberapa saran yang diajukan yaitu: Diharapkan bagi guru memperhatikan pengetahuan awal, bakat dan kecerdasan siswa sebelum pembelajaran diberikan, pemanfaatan LKS sehingga diperoleh hasil yang optimal.
Kata Kunci ; Model STAD, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v3i1.2152
Article Metrics
Abstract view : 291 timesPDF - 152 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Antonius Girsang Girsang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.