Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat belajar siswa dan keterampilan psikomotorik siswa saat bekerja dalam kelompok dikelas pada mata pelajaran seni musik dengan model pembelajaran Kooperatif kolaboratif. Data keterampilam siswa menurut pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain keterampilan mengaransemen lagu (45%), keterampilan membuat syair lagu (43% ), keterampilan menerjemahkan (38%), keterampilan penampilan siswa (39%). Sedangkan data keterampilan siswa menurut pengamatan pada Siklus II antara lain keterampilan mengaransemen lagu (79%), keterampilan membuat syair lagu (83% ), keterampilan menerjemahkan (68%), keterampilan penampilan siswa (74%). Penerapan model pembelajaran kolaboratif selama KBM siswa sangat senang, sangat antusias, dan peneliti/guru sebelum berkelompok perlu dijelaskan tujuan berkelompok agar siswa mengerti tugasnya masing-masing. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kolaboratif, Hasil belajar Siswa