PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK SISWA DI KELAS XII IPA-3 SEMESTER II SMAN 1 PERCUT SEI TUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat belajar siswa dan keterampilan psikomotorik siswa saat bekerja dalam kelompok dikelas pada mata pelajaran seni musik dengan model pembelajaran Kooperatif kolaboratif. Data keterampilam siswa menurut pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain keterampilan mengaransemen lagu (45%), keterampilan membuat syair lagu (43% ), keterampilan menerjemahkan (38%), keterampilan penampilan siswa (39%). Sedangkan data keterampilan siswa menurut pengamatan pada Siklus II antara lain keterampilan mengaransemen lagu (79%), keterampilan membuat syair lagu (83% ), keterampilan menerjemahkan (68%), keterampilan penampilan siswa (74%). Penerapan model pembelajaran kolaboratif selama KBM siswa sangat senang, sangat antusias, dan peneliti/guru sebelum berkelompok perlu dijelaskan tujuan berkelompok agar siswa mengerti tugasnya masing-masing.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kolaboratif, Hasil belajar Siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v3i2.2157
Article Metrics
Abstract view : 287 timesPDF - 160 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Janurita Tampubolon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.