EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBER HEADS TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII-4 SMP NEGERI 1 BANGUN PURBA

Amir Girsang Girsang

Abstract


Pembelajaran IPA di  SMP  Negeri 1 Bangun Purba belum memberikan ketuntasan belajar klasikal tanpa program remedial. Kondisi ini disebabkan oleh model, metode dan strategi belajar mengajar yang belum dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan kurang aktifnya siswa dalam KBM. Penelitian tindakan kelas ini akan ditempuh dalam dua siklus. Dari siklus ke siklus menggunakan model pembelajaran NHT dengan senantiasa meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran yang berorientasi aktivitas siswa yang bermuara pada perbaikan hasil belajar siswa. Penelitian dikenakan pada siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 1 Bangun Purba dengan jumlah 29 siswa. Setelah penelitian berlangsung selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa; 1) Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada siklus I antara lain menulis,membaca (45,9%), mengerjakan LKS (26%), bertanya sesama teman (6%), bertanya kepada guru (11%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (11,6%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan  pada siklus II antara lain menulis,membaca (30%), mengerjakan LKS  (47,5%), bertanya sesama teman (13,4%), bertanya kepada guru (4,2%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (3,3%). Dari data di atas terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sesuai dengan harapan dan juga model pembelajaran kooperatif tipe NHT ; 2) Hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siklus I rata – rata sebesar 70,3 dengan tuntas klasikal sebesar 51,72% dan pada siklus II rata-rata sebesar 82,1 dengan tuntas klasikal sebesar 85,1%, ini menunjukkan tuntas secara individu dan kelas sesuai KKM IPA yang telah ditetapkan di SMP Negeri 1 Bangun Purba.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperative Tipe NHT, Aktivitas Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v3i2.2167

Article Metrics

Abstract view : 94 times
PDF - 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.