UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MELALUI MODELPEMBELAJARAN BRAINSTROMING PADA BIDANG STUDI BIOLOGI DI KELAS XI MIA-5 SEMESTER II SMAN 1 PERCUT SEI TUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat kondisi hasil belajar siswa antara lain: hasil belajar siswa siswa di kelas XI MIA-5 pada mata pelajaran biologi dengan menerapkan model pembelajaran Brainstroming. Dilakukan pada kelas XI MIA-5 Percut Sei Tuan dengan jumlah siswa 38 orang. Awal KBM dilakukan tes hasil belajar (Pretes), dengan data rata-rata 24. Lalu dilakukan tes hasil belajar Postes I dan Postes II hasilnya masing-masing menunjukkan 68 dan 87. Merujuk pada ketuntasan bahwa rerata hasil belajar siswa pada Siklus I menunjukkan tuntas sebesar 47,2% dan Siklus II tuntas sebesar 86,8%.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Brainstroming, Hasil Belajar, Tuntas
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v3i1.2168
Article Metrics
Abstract view : 249 timesPDF - 141 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Linda Seri Murni Sitohang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.