PEMBELAJARAN BERBASIS PEMBEDAHAN KASUS DALAM MATA KULIAH MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KERJASAMA SECARA KOPERATIF PADA MAHASISWA PGSD “S1 UNIMED
DOI:
https://doi.org/10.24114/jh.v3i1.2176Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara intektual, emosional maupun psikomotor secara optimal,tingkat pemahaman mahasiswa akan bahan kuliah manajemen kelas. Penelitian ini betujuan untuk membangun kerjasama yang koperatif serta meningkatkan kemampuan profesional dosen menetapkan pembelajaran yang mengaktifkan mahasiswa.Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas. Subjeknya, mahasiswa sebanyak 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yaitu sebelum tindakan 11,5% ,setelah siklus Imenjadi 50% dan setelah siklus II menjadi 92%, Selanjutnya mahaiswa yang mampu bekerjasma secara koperatif juga meningkat yaitu sebelum tindakan 11% , setelah siklus I menjadi 47% dan setelah siklus II menjadi 87%. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Kasus, Manajemen Kelas, Pemahaman, KerjasamaDownloads
Published
2015-06-30
How to Cite
Simanjuntak, S. (2015). PEMBELAJARAN BERBASIS PEMBEDAHAN KASUS DALAM MATA KULIAH MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KERJASAMA SECARA KOPERATIF PADA MAHASISWA PGSD “S1 UNIMED. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 3(1). https://doi.org/10.24114/jh.v3i1.2176
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2015 Sorta Simanjuntak

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Handayani PGSD FIP UNIMED Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)