PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MATEMATIKA UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI
Abstract
Keywords : Result of Learning, problem-based learning model, PGSD students
ABSTRAK : Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis masalah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Matematika Universitas Quality Berastagi. Dalam pembelajaran di sekolah, matematika merupakan salah satu pelajaran yang merupakan pelajaran dasar dan sarana berpikir ilmiah yang sangat diperlukan oleh mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan logisnya. Pendidikan matematika di sekolah bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik yang dapat menggunakan matematika secara fungsional untuk memecahkan masalah, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun menghadapi ilmu pengetahuan lain. Masalah matematika yang dihadapi terstruktur, sistematis dan logis sehingga dapat diimplementasikan mahasiswa. Sampai sekarang dalam dunia pendidikan khususnya dalam pendidikan matematika masih lebih menekankan anak untuk menghapal tanpa mengetahui konsep dasarnya, sehingga diperlukan suatu model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika mahasiswa. Penelitian ini dilakukan selama enam bulan. Pertama Penelitian melakukan persiapan-persiapan yang berhubungan dengan penelitian seperti pembuatan soal tes awal. Kemudian memilih kelas untuk dilakukan pengembangan model pembelajaran dengan melakukan tes awal ke kampus untuk menentukan kendala mahasiswa dalam penyelesaian soal. Untuk memperoleh data, penulis membagikan soal tes awal kepada mahasiswa yang dipilih untuk diterapkan model pembelajaran baru nantinya. Mengolah data serta menbandingkan hasil belajar mahasiswa setelah dilakukan pengembangan model pembelajaran berbasis masalah dan sebelumnya. Mengambil kesimpulan dari hasil belajar siswa yg diperoleh dari tes hasil belajar setelah dikembangkannya model pembelajaran berbasis masalah pada saat pengajaran. Hasil penelitian ini diharapkan kampus dapat meningkatkan hasil belajar matematika mahasiswa
Kata Kunci: Hasil belajar, model pembelajaran berbasis masalah, Mahasiswa PGSD
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v11i2.22099
Article Metrics
Abstract view : 192 timesPDF - 144 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Novi Tari Simbolon, Ratna Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.