PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGASI (GI) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IX-1 SMP NEGERI 1 BANGUN PURBA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama dua siklus dengan dua kali pertemuan (KBM) setiap siklusnya. Dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IX-1 yang berjumlah 33 siswa.
Data aktivitas siswa pada Siklus I antara lain menulis dan membaca (45%), bekerja (24%), bertanya sesama teman (11%), bertanya kepada guru (7%), dan yang tidak relevan dengan KBM (14%). Data aktivitas siswa pada Siklus II antara lain menulis dan membaca (26%), bekerja (47%), bertanya sesama teman (17%), bertanya kepada guru (7%), dan yang tidak relevan dengan KBM (4%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Group Investigasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Kata kunci : Group Investigation, Aktivitas Belajar, Pembelajaran
Kooperatif
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v4i1.2837
Article Metrics
Abstract view : 392 timesPDF - 415 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Deliwani Br Purba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.