PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE PADA BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA DI KELAS VII-3 SMP NEGERI 7 MEDAN

Titisilaniasti Pasaribu

Abstract


Penelitian dengan model pembelajaran Think-Talk-Write dilakukan dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa yang bermuara pada peningkatan hasil belajar siswa  pada bidang studi Bahasa Indonesia. Penerapan model dilaksanakan dalam penelitian tindakan kelas selama dua siklus dengan dua kali pertemuan (KBM) setiap siklusnya, dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII-3 yang berjumlah 41 siswa.

Data aktivitas pada siklus I menulis, membaca (35%), aktivitas mengerjakan LKS (28%), bertanya sesama teman (9%), bertanya kepada guru (14,5 %), dan yang tidak relevan dengan KBM  (13,5 %). Data aktivitas pada siklus II menulis, membaca (30,5%), aktivitas mengerjakan LKS (46,7%), bertanya sesama teman (10 %), bertanya kepada guru (8%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (4,8%); 2). Pada siklus I persentasi kelulusan sebesar  73,1 % dengan rata-rata 79 dan pada siklus II ketuntasan sebesar 90,2% dengan rata-rata 82.

 

Kata kunci         : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model
Pembelajaran Think-Talk- Write


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v4i1.2840

Article Metrics

Abstract view : 358 times
PDF - 155 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Titisilaniasti Pasaribu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.