IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI IPA DI KELAS VII-5 SMP NEGERI 7 MEDAN

Ukurta Br Sinuraya

Abstract


Penelitian bertujuan untuk memperbaiki aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII-5 SMP 7 Medan yang berjumlah 41 siswa.

Pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 53,6% dengan rata-rata kelas 72 meningkat menjadi 87,8% siswa tuntas secara klasikal di siklus II dengan rata-rata kelas sebesar 80. Data aktivitas siswa pada Siklus I antara lain membaca/membaca (36,5%), bekerja (26,5%), bertanya sesama teman (8,5%), bertanya kepada guru (13,5%), dan yang tidak relevan dengan KBM (15%); (b) Data aktivitas siswa pada Siklus II antara lain membaca/membaca (31,4%), bekerja (45,8%), bertanya sesama teman (10%), bertanya kepada guru (9,5%), dan yang tidak relevan dengan KBM (3,3%).

 

Kata kunci : Model Pembelajaran Direct Instruction, Aktivitas
Belajar, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v4i1.2841

Article Metrics

Abstract view : 55 times
PDF - 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.