PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGASI (GI) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IX-1I SMP NEGERI 4 MEDAN

Sahnidarwati Pakpahan

Abstract


Penerapan model dilaksanakan dalam penelitian tindakan selama dua siklus dengan dua kali pertemuan (KBM) setiap siklusnya. Dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IX-11 yang berjumlah 25 siswa. Data aktivitas diperoleh dari pengamatan siswa tiap siklus, data hasil belajar diperoleh dari tes setiap akhir siklus, dan data respon siswa diperoleh melalui angket diakhir siklus II. Hasil penelitian menunjukkan; 1) data aktivitas siswa pada Siklus I antara lain menulis dan membaca (43%), bekerja (24%), bertanya sesama teman (11%), bertanya kepada guru (9%), dan yang tidak relevan dengan KBM (14%). Data aktivitas siswa pada Siklus II antara lain menulis dan membaca (29%), bekerja (44%), bertanya sesama teman (12%), bertanya kepada guru (12%), dan yang tidak relevan dengan KBM (3%). 2) Ketuntasan pembelajaran naik sebesar 32%. Pada Siklus I rata-rata nilai tes 76 dengan ketuntasan pembelajaran sebesar 56% dan pada Siklus II rata-rata nilai tes 87,2 dengan ketuntasan pembelajaran naik menjadi 88%.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Group Investigation, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v4i2.2851

Article Metrics

Abstract view : 278 times
PDF - 147 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Sahnidarwati Pakpahan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.