PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL BLITAR MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN NEGARA DI INDONESIA KELAS V SDN RESAPOMBO 6 BLITAR

Mandy Salvy Tutu Arima, Muhammad Sulthon Masyhud, Ridho Alfarisi

Abstract


Abstrak: Berdasarkan hasil wawancara diketahui dalam proses pembelajaran umumnya hanya menerapkan pembelajaran menggunakan LKS (Lembar Kerja Siswa). LKS yang digunakan tidak memuat atau mengkaitkan materi tentang kearifan lokal daerah kabupaten Blitar. Salah satu cara agar siswa dapat mengenal kearifan lokal daerahnya sendiri yaitu dengan mengembangkan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal daerah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas V yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis pengembangan modul berbasis kearifan lokal Blitar,kevalidan modul pembelajaran 90%, kepraktisan dalam pembelajaran memperoleh 87,44%, keefektifan berdasarkan angket respon siswa sebesar 81,67%, keefektifan modul pada kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan thitung > ttabel yaitu sebesar 10,754 > 2,042 dan keefektifan relatif sebesar 50,63%. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul dapat meningkatkan hasil belajar siswa berbasis kearifan lokal Blitar pada pembelajaran tema lingkungan sahabt kita materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia kelas V SDN Resapombo 6 Blitar.

 

Kata Kunci: Modul pembelajaran, hasil belajar, kearifan lokal


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v13i2.36569

Article Metrics

Abstract view : 119 times
PDF - 156 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mandy Salvy Tutu Arima

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.