PENGARUH METODE DRILL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LEGO BRICKS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SDN 216 PALEMBANG

Paulin Agustin, Destiniar Destiniar, Susanti Faipri Selegi

Abstract


Pengaruh Metode Drill dengan Menggunakan Media Lego Bricks Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas III SDN 216 Palembang. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode drill dengan menggunakan media lego bricks terhadap hasil belajar matematika kelas III SDN 216 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A dan Kelas III B yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan soal tes yang telah dilakukan uji kevalidan dan reliabilitas. Hasil analisis data pengaruh metode drill dengan menggunakan media lego bricks yang telah dilakukan uji tes akhir pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 97,33, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 78,67. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode drill dengan media lego bricks terhadap hasil belajar matematika kelas III SDN 216 Palembang.

 

Kata kunci: Metode Drill, Media Lego Bricks.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v13i2.39216

Article Metrics

Abstract view : 133 times
PDF - 97 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Paulin Agustin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.