PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STEAM TERINTEGRASI KNISLEY TERHADAP LITERASI NUMERASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak : Pengaruh Model Pembelajaran Steam Terintegrasi Knisley Terhadap Literasi Numerasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Penelitian memiliki tujuan guna (1) menguji pengaruh model pembelajaran STEAM terintegrasi Knisley terhadap literasi numerasi siswa kelas IV sekolah dasar dan (2) pengaruh model pembelajaran STEAM terintegrasi Knisley terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar, dimata pelajaran matematika. Metode ekperimen dengan rancangan Quasi-Eksperimental Design dan desain Nonequevalent Control Group Design. Populasi adalah siswa kelas IV SD Negeri Kanigoro 03. Penetapan sampel memakai teknik sampling purposive, dan teknik yang digunakan untuk analisis data adalah uji prasyarat (1) uji normalitas (2) uji homogenitas sementara itu uji hipotesis menggunakan ANACOVA. Hasil analisis menujukan: pertama, didapati perbandingan kemampuan literasi numerasi siswa yang mengikuti kelas dengan model pembelajaran STEAM terintegrasi Knisley versus model pembelajaran Tatap muka (ceramah). nilai signifikansi pre-test, post-test literasi numerasi yaitu 0,000 berarti (0,00 < 0,05), keduanya merupakan perbedaan kemampuan hasil belajar kognitif siswa yang menggikuti kelas dengan model pembelajaran STEAM terintegrasi Knisley dan model pembelajaran Tatap muka (ceramah) nilai signifikansi awal dan hasil belajar yaitu 0,000 berarti (0,00 < 0,05). Demikian, didapati kesimpulan model pembelajaran STEAM terintegrasi Knisley berpengaruh terhadap literasi numerasi dan hasil belajar siswa kelas IV.
Kata kunci : model pembelajaran STEAM, model pembelajaran Knisley, literasi numerasi, hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v13i2.40376
Article Metrics
Abstract view : 118 timesPDF - 126 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Meyrizka Safira Putri Mauza
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.