PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODULE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN FLIP PROFESIONAL TEMAN 6 SUBTEMA 2 KELAS V SDS ADVENT 2 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.46437Keywords:
E-Modul, Problem Based Learning, Flip Pdf ProfessionalAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar e-module berbasis problem based learning berbantuan flip pdf professional. Metode penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, kuesioner dan instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji validitas produk oleh ahli materi dan ahli media termasuk kategori sangat layak. Hasil uji praktikalitas produk oleh guru termasuk kategori sangat praktis dan peserta didik termasuk kategori praktis. Hasil efektivitas dilihat dari hasil uji-t dengan pendekatan paired sample t test memperoleh nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 sehingga ditarik dapat ditarik kesimpulan bahwa ada peningkatan hasil belajar yang signifikan.References
Asmi, A. R., Surbakti, A. N. D., & Hudaidah. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Book Maker Materi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 1“ 10.
Darmaji, Astalini, Kurniawan, D. A., Parasdila, H., Iridianti, Susbiyanto, ¦ Ikhlas, M. (2019). E-Module based problem solving in basic physics practicum for science process skills. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 15 (15), 4-17. https://doi.org/10.3991/ijoe.v15i15.10942
Dayani, O. W., Agustina, R., & Vahlia, I. (2021). Pengembangan modul pop up book berbasis RME (realistic mathematic education) pada materi bangun ruang sisi lengkung di Madrasah Tsanawiyah El-Qodar. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 139-147.
Fitriani, F., & Indriaturrahmi, I. (2020). Pengembangan e-modul sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X MAN 1 Lombok Tengah. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(1), 16-25. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i1.165
Lamalat, T. S., Supriadi, S., & Nuryanti, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 2 Model Palu. Jurnal Akademika Kimia, 7(3), 102-106. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JAK/article/view/11904
Mutmainnah, M., Aunurrahman, A., & Warneri, W. (2021). Efektivitas penggunaan e-modul terhadap hasil belajar kognitif pada materi sistem pencernaan manusia di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1625-1631. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.952
Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran guru dalam penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) studi kasus di TK Muslimat NU Maslakul Huda. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 173-177. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140
Seruni, R., Munawaroh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan modul elektronik (e-module) biokimia pada materi metabolisme lipid menggunakan Flip PDF Professional. Jurnal Tadris Kimiya, 4(1), 48-56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yuni Ashari Tambunan, Laurensia Masri Perangin angin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Handayani PGSD FIP UNIMED Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)