PENGEMBANGAN MEDIA EXPLODING BOX POP UP BERBASIS MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT KELAS 5 TEMA 7 SUBTEMA 1 PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN

Khofifah Alwiyah Siregar, Laurensia Masri Perangin angin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media Exploding Box Pop Up berbasis model Team Games Tournament yang layak, praktis, dan efektfif. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau (R&D) dengan model pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian ini memperoleh persentase skor kelayakan materi 94,6% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, dan memperoleh persentase skor kelayakan media 91% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya persentas e skor kepraktisan dalam penelitian ini memperoleh skor 93% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, serta memperoleh persentase skor keefektifan media 84% termasuk dalam kategori “efektif”.

Keywords


Media Pembelajaran; Exploding Box Pop Up; Model Pembelajaran; Team Games Tournament

Full Text:

PDF

References


Daulay, Febriani. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksplanasi Berbasis Video Kode QR Peristiwa Alam di Sumatera Utara Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Bolak Tenggara. Undergraduate thesis. Universitas Negeri Medan.

Hamid, Mustofa Abi., Rahmi, R., Masrul, J., Meilani, S., Muhammad, M. J., Janner, S. (2020). Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Harahap, Anisa Hilmi. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Modul Elektronik Berbasis Problem Based Learning Pada Tema 9 Kayanya Negeriku Di Kelas IV SDN 101774 Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis. Universitas Negeri Medan.

Harianja, Nenshy Silvianita. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Exploding Box Pop UP Terintegrasi QR CODE TECHNOLOGY Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar T.A 2020/2021. Undergraduate thesis. Universitas Negeri Medan.

Julaeha, S., & Erihadiana, M. (2021). Model Pembelajaran dan Implementasi Pendidikan HAM Dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Nasional. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(3), 403-414. https://doi.org/10.47467/reslaj.v3i3.449

Lova, S. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Exploding Box Pop Up Terintegrasi QR Code Technology pada Pembelajaran Tematik di Kelas V Sekolah Dasar. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 11(4), 362-371. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i4.33332

Mashuri, Sufri. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Maryono, M. (2017). Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 72-89. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6819

Nasrun, N., Faisal, F., & Feriyansyah, F. (2018). Pendampingan Model Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar Kecamatan Medan Selayang Kota Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2), 671-676. https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i2.10359

Sari, Eva Kurnia. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Explotion Box Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Penugasan Materi Peserta Didik SMA. S1 Thesis. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2017). Metode-Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Tambunan, H. P., Sitohang, R., & Nasution, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital Berbasis Kvisoft Flipbook pada Mata Pelajaran IPS Kelas Rendah. Jurnal Guru Kita PGSD, 6(1), 143-148. https://doi.org/10.24114/jgk.v6i1.32423

Trisnaningrum, Aprilista Restu. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Perencanaan Karir, dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Untuk Program PPG Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi di Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis. Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.47218

Article Metrics

Abstract view : 38 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Khofifah Alwiyah Siregar, Laurensia Masri Perangin angin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.