PENGEMBANGAN MEDIA EXPLODING BOX POP UP BERBASIS MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT KELAS 5 TEMA 7 SUBTEMA 1 PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.47218Keywords:
Media Pembelajaran, Exploding Box Pop Up, Model Pembelajaran, Team Games TournamentAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media Exploding Box Pop Up berbasis model Team Games Tournament yang layak, praktis, dan efektfif. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau (R&D) dengan model pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian ini memperoleh persentase skor kelayakan materi 94,6% termasuk dalam kategori œSangat Layak, dan memperoleh persentase skor kelayakan media 91% termasuk dalam kategori œSangat Layak. Selanjutnya persentas e skor kepraktisan dalam penelitian ini memperoleh skor 93% termasuk dalam kategori œSangat Layak, serta memperoleh persentase skor keefektifan media 84% termasuk dalam kategori œefektif.References
Daulay, Febriani. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksplanasi Berbasis Video Kode QR Peristiwa Alam di Sumatera Utara Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Bolak Tenggara. Undergraduate thesis. Universitas Negeri Medan.
Hamid, Mustofa Abi., Rahmi, R., Masrul, J., Meilani, S., Muhammad, M. J., Janner, S. (2020). Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Harahap, Anisa Hilmi. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Modul Elektronik Berbasis Problem Based Learning Pada Tema 9 Kayanya Negeriku Di Kelas IV SDN 101774 Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis. Universitas Negeri Medan.
Harianja, Nenshy Silvianita. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Exploding Box Pop UP Terintegrasi QR CODE TECHNOLOGY Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar T.A 2020/2021. Undergraduate thesis. Universitas Negeri Medan.
Julaeha, S., & Erihadiana, M. (2021). Model Pembelajaran dan Implementasi Pendidikan HAM Dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Nasional. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(3), 403-414. https://doi.org/10.47467/reslaj.v3i3.449
Lova, S. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Exploding Box Pop Up Terintegrasi QR Code Technology pada Pembelajaran Tematik di Kelas V Sekolah Dasar. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 11(4), 362-371. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i4.33332
Mashuri, Sufri. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Maryono, M. (2017). Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 72-89. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6819
Nasrun, N., Faisal, F., & Feriyansyah, F. (2018). Pendampingan Model Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar Kecamatan Medan Selayang Kota Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2), 671-676. https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i2.10359
Sari, Eva Kurnia. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Explotion Box Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Penugasan Materi Peserta Didik SMA. S1 Thesis. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. (2017). Metode-Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Tambunan, H. P., Sitohang, R., & Nasution, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital Berbasis Kvisoft Flipbook pada Mata Pelajaran IPS Kelas Rendah. Jurnal Guru Kita PGSD, 6(1), 143-148. https://doi.org/10.24114/jgk.v6i1.32423
Trisnaningrum, Aprilista Restu. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Perencanaan Karir, dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Untuk Program PPG Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi di Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis. Universitas Negeri Semarang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Khofifah Alwiyah Siregar, Laurensia Masri Perangin angin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Handayani PGSD FIP UNIMED Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)