PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS QR-CODE MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Nahdah Faizah Harahap, Elvi Mailani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media Exploding Box Pop Up berbasis model Team Games Tournament yang layak, praktis, dan efektfif. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau (R&D) dengan model pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian ini memperoleh persentase skor kelayakan materi 94,6% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, dan memperoleh persentase skor kelayakan media 91% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya persentas e skor kepraktisan dalam penelitian ini memperoleh skor 93% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, serta memperoleh persentase skor keefektifan media 84% termasuk dalam kategori“efektif”.


Keywords


E-LKPD; Bangun Datar; Pembelajaran Matematika; Model 4-D

Full Text:

PDF

References


A. Muri Yusuf. (2019), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan, Jakarta: Prenadamedia Group.

Arikunto, S. (2012). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ataji, H. M. K. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Qr Code Technology Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Dengan Terintegrasi Kepada Al-Quran Dan Hadits Sebagai Sumber Belajar Biologi Kelas Xi Sman 1 Punggur. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 17-24. https://doi.org/10.34289/285231

Aziz, K., Wiharto, M., & Saenab, S. (2018). Ensiklopedia Digital Tumbuhan Tingkat Tinggi Dengan Fitur QR Code Sebagai Sumber Belajar Dunia Tumbuhan. Jurnal Biology Teaching and Learning, 1(2), 109-120.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi pengembangan pembelajaran daring: panduan berstandar pengembangan pembelajaran daring untuk pendidikan dan pelatihan. Yogyakarta: Budi Utama.

Burns, Monica (2016). Deeper learning with QR codes and augmented reality: a scannable solution for your classroom. United States of America.

E, O., M. A., Gurhan D. (2016). QR codes in education and communication.

Emzir. (2017). Metodologi penelitian pendidikan: kuantitatif & kualitatif. Depok: Raja Grafindo Persada.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal pendidikan administrasi perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503

Imas Kurniasih & Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.

Jailani, M. S., & Hamid, A. (2016). Pengembangan sumber belajar berbasis karakter peserta didik (ikhtiar optimalisasi proses pembelajaran pendidikan agama islam (PAI)). Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 175-192. https://doi.org/10.21580/nw.2016.10.2.1284

Kadir, A., & Asrohah, H. (2014). Pembelajaran tematik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kemendikbud. (2013). Panduan teknis pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mailani, E. (2011). Pengembangan Buku Ajar Geometri Dan Lembar Aktivitas Siswa Kelas V Sds Inti Nusantara Kota Tebing Tinggi. Doctoral dissertation. Universitas Negeri Medan.

Majid, Abdul (2011). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standart kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mukmin, B. A., & Zunaidah, F. N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar DELIKAN Tematik Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa Sekolah Dasar di Kota Kediri. Jurnal Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 145-158. http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.2788

Nasruddin, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Daerah Bima Berbantu Quick Response Codes Kelas X SMA Negeri 1 Woha. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(3), 26-31. http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1142

Novelia, R., Dewi, R., & M, F. S. (2017). Penerapan model mastery learning berbantuan LKPD untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik di kelas viii. 3 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 20-25. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.20-25

Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK MENGAKOMODASI KEBERAGAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH DANUNEGARAN. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3), 903-913. https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151

Pramono, Sigit (2014). Panduan evaluasi kegiatan belajar mengajar. Yogyakarta: DIVA Press.

Putra, G. W. P., & Tegeh, I. M. (2021). E-Modul Interaktif Muatan Ipa Pada Subtema 1 Tema 7 Kelas V Semester Genap. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 175–182.

Rohmah, L. M. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Gaya Belajar Visual Sebagai Art Therapy Untuk Peserta Didik Penyandang Autisme. Doctoral dissertation. UIN Raden intan Lampung.

Sugiana, D., & Muhtadi, D. (2019, November). Augmented Reality Type QR Code: Pengembangan Perangkat Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryana & Indrawati (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan tradisional "Gaprek Kaleng" untuk menanamkan konsep pecahan siswa kelas III SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 219- 228. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23503

Syamsu, F. D. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berorientasi pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Genta Mulia, 11(1), 65-79.

Tarigan, D. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Kelas V SD. JS (JURNAL SEKOLAH), 2(1), 1-6. https://doi.org/10.24114/js.v2i1.9896

Trianto (2018). Desain pengembangan pembelajaran tematik bagi anak usia dini TK/ RA & anak kelas awal SD/ MI. Jakarta: Kencana.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Pasal 3 Tahun 2003. (2003). Jakarta: Pemerintahan Republik Indonesia

Walanda, D. K. (2012). Aplikasi quick response QR code dalam dunia pendidikan. In Seminar Nasional Sains dan Matematika I. Palu.




DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.47398

Article Metrics

Abstract view : 199 times
PDF - 236 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nahdah Faizah Harahap, Elvi Mailani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
slot gacor slot