PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS QR-CODE MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- A. Muri Yusuf. (2019), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan, Jakarta: Prenadamedia Group.
- Arikunto, S. (2012). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Ataji, H. M. K. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Qr Code Technology Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Dengan Terintegrasi Kepada Al-Quran Dan Hadits Sebagai Sumber Belajar Biologi Kelas Xi Sman 1 Punggur. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 17-24. https://doi.org/10.34289/285231
- Aziz, K., Wiharto, M., & Saenab, S. (2018). Ensiklopedia Digital Tumbuhan Tingkat Tinggi Dengan Fitur QR Code Sebagai Sumber Belajar Dunia Tumbuhan. Jurnal Biology Teaching and Learning, 1(2), 109-120.
- Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi pengembangan pembelajaran daring: panduan berstandar pengembangan pembelajaran daring untuk pendidikan dan pelatihan. Yogyakarta: Budi Utama.
- Burns, Monica (2016). Deeper learning with QR codes and augmented reality: a scannable solution for your classroom. United States of America.
- E, O., M. A., Gurhan D. (2016). QR codes in education and communication.
- Emzir. (2017). Metodologi penelitian pendidikan: kuantitatif & kualitatif. Depok: Raja Grafindo Persada.
- Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal pendidikan administrasi perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503
- Imas Kurniasih & Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.
- Jailani, M. S., & Hamid, A. (2016). Pengembangan sumber belajar berbasis karakter peserta didik (ikhtiar optimalisasi proses pembelajaran pendidikan agama islam (PAI)). Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 175-192. https://doi.org/10.21580/nw.2016.10.2.1284
- Kadir, A., & Asrohah, H. (2014). Pembelajaran tematik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Kemendikbud. (2013). Panduan teknis pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Mailani, E. (2011). Pengembangan Buku Ajar Geometri Dan Lembar Aktivitas Siswa Kelas V Sds Inti Nusantara Kota Tebing Tinggi. Doctoral dissertation. Universitas Negeri Medan.
- Majid, Abdul (2011). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standart kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Mukmin, B. A., & Zunaidah, F. N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar DELIKAN Tematik Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa Sekolah Dasar di Kota Kediri. Jurnal Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 145-158. http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.2788
- Nasruddin, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Daerah Bima Berbantu Quick Response Codes Kelas X SMA Negeri 1 Woha. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(3), 26-31. http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1142
- Novelia, R., Dewi, R., & M, F. S. (2017). Penerapan model mastery learning berbantuan LKPD untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik di kelas viii. 3 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 20-25. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.20-25
- Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK MENGAKOMODASI KEBERAGAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH DANUNEGARAN. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3), 903-913. https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151
- Pramono, Sigit (2014). Panduan evaluasi kegiatan belajar mengajar. Yogyakarta: DIVA Press.
- Putra, G. W. P., & Tegeh, I. M. (2021). E-Modul Interaktif Muatan Ipa Pada Subtema 1 Tema 7 Kelas V Semester Genap. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 175“182.
- Rohmah, L. M. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Gaya Belajar Visual Sebagai Art Therapy Untuk Peserta Didik Penyandang Autisme. Doctoral dissertation. UIN Raden intan Lampung.
- Sugiana, D., & Muhtadi, D. (2019, November). Augmented Reality Type QR Code: Pengembangan Perangkat Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.
- Sugiyono. (2019). Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
- Suryana & Indrawati (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan tradisional "Gaprek Kaleng" untuk menanamkan konsep pecahan siswa kelas III SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 219- 228. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23503
- Syamsu, F. D. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berorientasi pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Genta Mulia, 11(1), 65-79.
- Tarigan, D. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Kelas V SD. JS (JURNAL SEKOLAH), 2(1), 1-6. https://doi.org/10.24114/js.v2i1.9896
- Trianto (2018). Desain pengembangan pembelajaran tematik bagi anak usia dini TK/ RA & anak kelas awal SD/ MI. Jakarta: Kencana.
- Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Pasal 3 Tahun 2003. (2003). Jakarta: Pemerintahan Republik Indonesia
- Walanda, D. K. (2012). Aplikasi quick response QR code dalam dunia pendidikan. In Seminar Nasional Sains dan Matematika I. Palu.