PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA PADA OPERASI HITUNGAN PECAHAN KELAS V SEKOLAH DASAR
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- ¦¦¦¦. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- ¦¦¦¦¦. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian:suatu pendekatan praktik. Jakarta: RINEKA CIPTA.
- Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
- Aryadillah, dan Fifit Fitriansyah. (2018). Teknologi Media Pembelajaran: Teori Dan Praktek. Cibinong: Herya Media.
- Asyhar. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
- Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif macromedia flash 8 pada pembelajaran tematik tema pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178-185. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524
- Burhanudin, A. (2017). Pengembangan media pembelajaran augmented reality pada mata pelajaran dasar elektronika di smk hamong putera 2 pakem. Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika, 7(3), 266-274. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/mekatronika/article/view/8603
- Chityadewi, K. (2019). Meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung penjumlahan pecahan dengan pendekatan ctl (contextual teaching and learning). Journal of Education Technology, 3(3), 196-202. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21746
- Dwyer, C. (2017). Effective teaching with technology in K-12 classrooms. John Wiley & Sons.
- Handayani, T. W. (2014). Revitalisasi pendidikan nasional. Yogyakarta: Andi Offset.
- Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 10(1), 26“50. https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2714
- Hermansyah, V. L., Basori, M., & Saidah, K. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Keramat (Keragaman Rumah Adat) Berbasis Macromedia Pada Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 7(1), 24-32. https://journal.umpo.ac.id/index.php/al-asasiyya/article/view/5978
- Hidayat, R. (2018). Media Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Hidayat, R. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 128-135.
- Johnson, M. (2015). The Evolution of Flash Technology. Journal of Animation and Multimedia, 10, 50-60.
- Lisda, W., Rahman, M. A., & Atmowardoyo, H. (2016). The Use of Macromedia Flash Animation to Enhance Students™ English Writing Skill at the Seventh Grade of SMP Yapis 1 Fakfak-West Papua. ELT Worldwide: Journal of English Language Teaching, 2(2), 45. https://doi.org/10.26858/eltww.v2i2.1687
- Mailani, E. (2018). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan melalui permainan monopoli pecahan. Jurnal Handayani PGSD FIP Unimed, 4(1), 1“14. https://doi.org/10.24114/jh.v4i1.2832
- Mandowen, T. S. S. A., & Jannah, M. (2022). PEMBELAJARAN KONSEP PECAHAN MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH BAGI SISWA SD PEMBANGUNAN V YAPIS WAENA, JAYAPURA. Jurnal Pengabdian Papua, 6(2). 45“49. https://doi.org/10.31957/jpp.v6i2.2346
- Miller, P. (2017). The Oxford Handbook of Innovation Management. Oxford University Press.
- Muchtar A. Karim. (2015). Pendidikan Matematika II. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Muhammad Hasan, d. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.
- Muriati, S. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Sel Dengan Model Addie Pada Program Studi Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makasar. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
- Nalurita, L., Siroj, R. A., & Ilma, R. (2010). Bahan Ajar Kesebangunan Dan Simetri Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Menggunakan Macromedia Flash Di Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 45-52. https://dx.doi.org/10.22342/jpm.4.1.310.
- Patel, N. (2018). An Overview of Macromedia Flash and its Applications. Journal of Interactive Media and Education, (3), 1-12.
- Sadiman, A. S. dkk. (2014). Media Pendidikan: Pengertian pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
- Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Siregar, B. H., Mansyur, A., R., S. L., D., & Rahmadani., F. (2022). Teori & Praktis Multimedia Pembelajaran Interaktif. Medan: Umsu Press.
- Sudjana, Nana . (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kualitatif & kuantitatif R dan D. Bandung: Alfabeta.
- Suyanto. (2015). Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Yogyakarta: UNY Press.
- Tarigan, D., Rangkuti, I., & Siregar, A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Realistic Mathematics Education (RME) Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V SDS Salsa Cinta Rakyat. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 8(4), 242-259. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i4.11878
- Yusuf, A. (2020). Apa kelebihan dan kekurangan Adobe Flash?. Diakses 6 Maret 2023, dari https://www.dosendinding.co.id/2020/02/apa-saja-kekurangan-dan-kelebihan-adobe-flash.html
- Yusuf, M. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia.