PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA PADA OPERASI HITUNGAN PECAHAN KELAS V SEKOLAH DASAR

Muhammad Arif Zulmi, Elvi Mailani, Daitin Tarigan, Eva Betty Simanjuntak, Imelda Free Unita Manurung

Abstract


Dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang ada, yaitu terdapat kesulitan dalam pemahaman konsep penerapan pembelajaran hitungan pecahan,kurangnyaya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika, kurangnya penggunaan dan inovasi media pembelajaran yang menyebabkan kesulitan peserta didik dalam memahami operasi hitungan pecahan terkhusus pada penjumlahan pecahan,selain itu hasil belajar matematika peserta didik di kelas V-B SDN 064966 Tegal Rejo. Medan juga rendah. Tujuan dari peneliti ini adalah menghasilkan media pembelajaran matematika terkhusus pada operasi hitungan pecahan berbasis macromedia yang layak, praktis, dan efektif digunakan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, skala, dan tes. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 16 peserta didik kelas V-A SDN 064966 Tegal Rejo, Medan. Hasil dari penilaian validasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli praktikalitas menunjukkan bahwa media tersebut mendapatkan nilai 94%, 92%, dan 92% dengan kualifikasi sangat layak dan praktis untuk digunakan tanpa revisi. Hasil pree-test dan post-test yang dilakukan di kelas V-A menunjukkan bahwa sebelum menggunakan media pembelajaran tersebut, terdapat 12 peserta didik yang belum tuntas dan hanya 4 peserta didik (42,7%) yang tuntas. Setelah menggunakan media tersebut, terdapat 13 peserta didik yang tuntas dan 3 peserta didik yang tidak tuntas (81,8%). Berdasarkan perhitungan tingkat ketuntasan kelas, media tersebut memiliki tingkat keefektifan sebesar 81,3%, yang dikategorikan sebagai sangat efektif dengan kriteria ketuntasan 81% - 100%.


Keywords


Macromedia Flash; Media Pembelajaran; Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


…………. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

……………. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian:suatu pendekatan praktik. Jakarta: RINEKA CIPTA.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Aryadillah, dan Fifit Fitriansyah. (2018). Teknologi Media Pembelajaran: Teori Dan Praktek. Cibinong: Herya Media.

Asyhar. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif macromedia flash 8 pada pembelajaran tematik tema pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178-185. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524

Burhanudin, A. (2017). Pengembangan media pembelajaran augmented reality pada mata pelajaran dasar elektronika di smk hamong putera 2 pakem. Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika, 7(3), 266-274. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/mekatronika/article/view/8603

Chityadewi, K. (2019). Meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung penjumlahan pecahan dengan pendekatan ctl (contextual teaching and learning). Journal of Education Technology, 3(3), 196-202. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21746

Dwyer, C. (2017). Effective teaching with technology in K-12 classrooms. John Wiley & Sons.

Handayani, T. W. (2014). Revitalisasi pendidikan nasional. Yogyakarta: Andi Offset.

Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 10(1), 26–50. https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2714

Hermansyah, V. L., Basori, M., & Saidah, K. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Keramat (Keragaman Rumah Adat) Berbasis Macromedia Pada Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 7(1), 24-32. https://journal.umpo.ac.id/index.php/al-asasiyya/article/view/5978

Hidayat, R. (2018). Media Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hidayat, R. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 128-135.

Johnson, M. (2015). The Evolution of Flash Technology. Journal of Animation and Multimedia, 10, 50-60.

Lisda, W., Rahman, M. A., & Atmowardoyo, H. (2016). The Use of Macromedia Flash Animation to Enhance Students’ English Writing Skill at the Seventh Grade of SMP Yapis 1 Fakfak-West Papua. ELT Worldwide: Journal of English Language Teaching, 2(2), 45. https://doi.org/10.26858/eltww.v2i2.1687

Mailani, E. (2018). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan melalui permainan monopoli pecahan. Jurnal Handayani PGSD FIP Unimed, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.24114/jh.v4i1.2832

Mandowen, T. S. S. A., & Jannah, M. (2022). PEMBELAJARAN KONSEP PECAHAN MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH BAGI SISWA SD PEMBANGUNAN V YAPIS WAENA, JAYAPURA. Jurnal Pengabdian Papua, 6(2). 45–49. https://doi.org/10.31957/jpp.v6i2.2346

Miller, P. (2017). The Oxford Handbook of Innovation Management. Oxford University Press.

Muchtar A. Karim. (2015). Pendidikan Matematika II. Jakarta: Universitas Terbuka.

Muhammad Hasan, d. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Muriati, S. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Sel Dengan Model Addie Pada Program Studi Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makasar. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Nalurita, L., Siroj, R. A., & Ilma, R. (2010). Bahan Ajar Kesebangunan Dan Simetri Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Menggunakan Macromedia Flash Di Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 45-52. https://dx.doi.org/10.22342/jpm.4.1.310.

Patel, N. (2018). An Overview of Macromedia Flash and its Applications. Journal of Interactive Media and Education, (3), 1-12.

Sadiman, A. S. dkk. (2014). Media Pendidikan: Pengertian pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Siregar, B. H., Mansyur, A., R., S. L., D., & Rahmadani., F. (2022). Teori & Praktis Multimedia Pembelajaran Interaktif. Medan: Umsu Press.

Sudjana, Nana . (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kualitatif & kuantitatif R dan D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto. (2015). Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Yogyakarta: UNY Press.

Tarigan, D., Rangkuti, I., & Siregar, A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Realistic Mathematics Education (RME) Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V SDS Salsa Cinta Rakyat. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 8(4), 242-259. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i4.11878

Yusuf, A. (2020). Apa kelebihan dan kekurangan Adobe Flash?. Diakses 6 Maret 2023, dari https://www.dosendinding.co.id/2020/02/apa-saja-kekurangan-dan-kelebihan-adobe-flash.html

Yusuf, M. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia.




DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.47689

Article Metrics

Abstract view : 55 times
PDF - 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Arif Zulmi, Elvi Mailani, Daitin Tarigan, Eva Betty Simanjuntak, Imelda Free Unita Manurung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.