PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME INTERAKTIF BERBASIS WEB WORDWALL PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 DI KELAS IV SDN 064966 KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN T.A. 2022/2023

Dita Aidana, Apiek Gandamana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menilai taraf  kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran game interaktif berbasis web wordwall pada tema 7 dan subtema 1 pembelajaran 3 SDN 064966 Medan Perjuangan T.A. 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan model pengembangan 4-D, meliputi tahapan Define (Pendefenisian), Design (Desain), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan tes. Partisipan dalam penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, guru kelas IV sebagai praktisi pendidikan, dan siswa kelas IV sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran game interaktif berbasis web wordwall pada tema 7 subtema 1, Pembelajaran 3 masuk dalam kategori layak, praktis, dan efektif digunakan. Berdasarkan hasil kelayakan, produk tersebut memperoleh tingkat 84,77% dan dianggap layak. Hasil kepraktisan produk skor 88,75% dan dinilai sangat praktis, sedangkan hasil belajar siswa setelah menggunakan mediaWordwall meningkat, dengan uji post 83,5%, memenuhi kriteria kelayakan dan keefektifan.


Keywords


Media Interaktif; Pembelajaran Berbasis Permainan; Wordwall

Full Text:

PDF

References


Ahdar, D., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Kaaffah Learning Center.

Apriyani, Y., Sitohang, R., & Sitanggang, A. K. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS IV SDN 07 RANTAU UTARA TA 2020/2021. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 12(1), 45-56. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i1.33272

Arikunto, S., (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka.

Gandamana, A., & Marisa, M. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Animaker pada Pembelajaran Tema 3 Sub Tema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Di Kelas 5 SD Negeri 10 Rantau Prapat. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 11(3), 213-221. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i3.29585

Gandamana, A., & Nst, S. A. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Berbasis Scientific Pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 1 Jenis-Jenis Pekerjaan Kelas IV Di SDN 060912 Medan Denai TA 2020/2021. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 18(1), 36-45. https://doi.org/10.24114/jkss.v18i1.25069

Juanda, Anda. (2019). Pembelajaran Kurikulum Tematik Terpadu. Cirebon: CV. CONFIDENT.

Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas aplikasi wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6884-6892. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3400

Naeklan S., Eva. B. S., Robenhart. T. (2019). Keterampilan Dasar Pendidikan di SD. Medan: Unimed Press.

Novyanti, N., Dewi, H. I., & Winata, W. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS KOGNITIF ANAK PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS. Instruksional, 4(1), 27-33. https://doi.org/10.24853/instruksional.4.1.%25p

Nurafni. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Di Sdn Ciracas 05 Pagi. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2), 161-174. http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v11i2.14133

Rahim, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Web Wordwall pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 5(2), 1165-1172. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/6386/3758

Serly, A. (2022). Pengembangan Game Interaktif Wordwall Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Taharah di SMPN Purwodadi. Undergraduate Theses. Universitas Islam Malang.

Sri Milfayetty., Anita Y., Nuraini., & Edidon H. (2018). Psikologi Pendidikan . Medan: PPs Unimed.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif dan psikologi. In Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Usep S., Amit, S.M., Dyah A., & Cecep M. (2022). Media Pembelajaran. Bandung: CV. Widina Media Utama.

Wulandari, Eka. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Berbantuan Articulate Storyline Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV SDN 091505 Afdeling C Balimbingan Kecamatan Tanah Jawa T.A. 2021/2022 Undergraduate Theses. Universitas Negeri Medan

Zhenith, S.P., Alingga, R., Latifa, N.A., & Atik, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri Gunung Sugih. Journal of Social Science Education, 2(2), 136-148. https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v3i1.4316




DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.48299

Article Metrics

Abstract view : 274 times
PDF - 459 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dita Aidana, Apiek Gandamana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
slot gacor slot