PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA DI SMAN 1 PERCUT SEI TUAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.48717Keywords:
Media Pembelajaran Quizizz, Media Pembelajaran Nearpod, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Ikatan KimiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan rata-rata nilai hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran dan aktivitas belajar yang bervariasi pada materi ikatan kimia serta mengetahui apakah ada interaksi antara media pembelajaran dengan aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dan sampel yang digunakan adalah kelas X-5 (kelas ekserimen I) yang diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran Quizizz dan X-8 (kelas ekserimen II) yang diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran Nearpod. Dalam penelitian ini menggunakan 20 soal pilihan berganda sebagai instrument tes dan lembar observasi sebagai instrument non-tes. Uji hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan ANOVA two way Univariate dengan hasil penelitian pada media pembelajaran diperoleh hasil sebesar 0,007 < α (0,005) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran. Pada aktivitas belajar yang bervariasi diperoleh hasil sebesar 0,003 < α (0,005) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan aktivitas belajar yang bervariasi. Kemudian, pada interaksi antara media pembelajaran dengan aktivitas belajar diperoleh hasil sebesar 0,19 > α (0,005) sehingga Ha ditolak dan Ho diterima, yang artinya tidak ada interaksi antara media pembelajaran dengan aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa.References
Dewi, L. U., Irwandi, D., & Bahriah, E. S. (2021). Pengaruh Media Penilaian Formatif Online Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Periodik Unsur. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 11(1), 19-26. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpk/article/view/15539
Dewi, S. M., Gunawan, G., Susilawati, S., & Harjono, A. (2019). Validitas perangkat pembelajaran fisika berbasis model generatif berbantuan laboratorium virtual. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 162-166. dx.doi.org/10.29303/jpft.v5i1.1175
Erita, Y. (2022). PENGEMBANGAN LKPD TEMATIK TERPADU BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN APLIKASI NEARPOD DI KELAS 3 SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1308-1317. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3149
Hendrayantie, E. (Madrasah A. N. 3 B. (2017). Jurnal PTK dan Pendidikan. 3(2), 19“26.
Hidayanti, U., Rosilawati, I., & Suyono. (2018). Pengembangan E-book Interaktif Berbasis Representasi Kimia pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 7(1), 1“12. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/14999
Inanta, R., Zulhaji, & Indrayani. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Nearpod pada Peserta Didik SMPK Penabur Kelapa Gading Jakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 418“424. http://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/241
Noor, S. (2020). Penggunaan quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1-7. https://doi.org/10.33654/jph.v1i1.927
SYAMSIYAH, Y. N. (2022). Penerapan Model Kooperatif Tipe Inquiri pada Pembelajaran Ikatan Kimia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 144-151. https://doi.org/10.51878/science.v2i2.1233
Wahdan, W. Z., Sulistina, O., & Sukarianingsih, D. (2017). Analisis kemampuan berargumentasi ilmiah materi ikatan kimia peserta didik SMA, MAN, dan perguruan tinggi tingkat I. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 2(2), 30-40.
Widarti, H. R., Safitri, A. F., & Sukarianingsih, D. (2018). Identifikasi pemahaman konsep ikatan kimia. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 3(1), 41-50.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fitthriyah Atika, Dewi Syafriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Handayani PGSD FIP UNIMED Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)