PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA DI SMAN 1 PERCUT SEI TUAN

Fitthriyah Atika, Dewi Syafriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan rata-rata nilai hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran dan aktivitas belajar yang bervariasi pada materi ikatan kimia serta mengetahui apakah ada interaksi antara media pembelajaran dengan aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dan sampel yang digunakan adalah kelas X-5 (kelas ekserimen I) yang diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran Quizizz dan X-8 (kelas ekserimen II) yang diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran Nearpod. Dalam penelitian ini menggunakan 20 soal pilihan berganda sebagai instrument tes dan lembar observasi sebagai instrument non-tes. Uji hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan ANOVA two way Univariate dengan hasil penelitian pada media pembelajaran diperoleh hasil sebesar 0,007 < α (0,005) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran. Pada aktivitas belajar yang bervariasi diperoleh hasil sebesar 0,003 < α (0,005) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan aktivitas belajar yang bervariasi. Kemudian, pada interaksi antara media pembelajaran dengan aktivitas belajar diperoleh hasil sebesar 0,19 > α (0,005) sehingga Ha ditolak dan Ho diterima, yang artinya tidak ada interaksi antara media pembelajaran dengan aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa.

Keywords


Media Pembelajaran Quizizz; Media Pembelajaran Nearpod; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Ikatan Kimia

Full Text:

PDF

References


Dewi, L. U., Irwandi, D., & Bahriah, E. S. (2021). Pengaruh Media Penilaian Formatif Online Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Periodik Unsur. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 11(1), 19-26. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpk/article/view/15539

Dewi, S. M., Gunawan, G., Susilawati, S., & Harjono, A. (2019). Validitas perangkat pembelajaran fisika berbasis model generatif berbantuan laboratorium virtual. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 162-166. dx.doi.org/10.29303/jpft.v5i1.1175

Erita, Y. (2022). PENGEMBANGAN LKPD TEMATIK TERPADU BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN APLIKASI NEARPOD DI KELAS 3 SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1308-1317. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3149

Hendrayantie, E. (Madrasah A. N. 3 B. (2017). Jurnal PTK dan Pendidikan. 3(2), 19–26.

Hidayanti, U., Rosilawati, I., & Suyono. (2018). Pengembangan E-book Interaktif Berbasis Representasi Kimia pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 7(1), 1–12. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/14999

Inanta, R., Zulhaji, & Indrayani. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Nearpod pada Peserta Didik SMPK Penabur Kelapa Gading Jakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 418–424. http://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/241

Noor, S. (2020). Penggunaan quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1-7. https://doi.org/10.33654/jph.v1i1.927

SYAMSIYAH, Y. N. (2022). Penerapan Model Kooperatif Tipe Inquiri pada Pembelajaran Ikatan Kimia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 144-151. https://doi.org/10.51878/science.v2i2.1233

Wahdan, W. Z., Sulistina, O., & Sukarianingsih, D. (2017). Analisis kemampuan berargumentasi ilmiah materi ikatan kimia peserta didik SMA, MAN, dan perguruan tinggi tingkat I. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 2(2), 30-40.

Widarti, H. R., Safitri, A. F., & Sukarianingsih, D. (2018). Identifikasi pemahaman konsep ikatan kimia. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 3(1), 41-50.




DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.48717

Article Metrics

Abstract view : 24 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fitthriyah Atika, Dewi Syafriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.