PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA DI SMAN 1 PERCUT SEI TUAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fitthriyah Atika
Dewi Syafriani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan rata-rata nilai hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran dan aktivitas belajar yang bervariasi pada materi ikatan kimia serta mengetahui apakah ada interaksi antara media pembelajaran dengan aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dan sampel yang digunakan adalah kelas X-5 (kelas ekserimen I) yang diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran Quizizz dan X-8 (kelas ekserimen II) yang diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran Nearpod. Dalam penelitian ini menggunakan 20 soal pilihan berganda sebagai instrument tes dan lembar observasi sebagai instrument non-tes. Uji hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan ANOVA two way Univariate dengan hasil penelitian pada media pembelajaran diperoleh hasil sebesar 0,007 < α (0,005) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran. Pada aktivitas belajar yang bervariasi diperoleh hasil sebesar 0,003 < α (0,005) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan aktivitas belajar yang bervariasi. Kemudian, pada interaksi antara media pembelajaran dengan aktivitas belajar diperoleh hasil sebesar 0,19 > α (0,005) sehingga Ha ditolak dan Ho diterima, yang artinya tidak ada interaksi antara media pembelajaran dengan aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Fitthriyah Atika, Universitas Negeri Medan

Jurusan Kimia FMIPA UNIMED

Dewi Syafriani, Universitas Negeri Medan

Jurusan Kimia FMIPA UNIMED
How to Cite
Atika, F., & Syafriani, D. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA DI SMAN 1 PERCUT SEI TUAN. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 14(2), 101–107. https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.48717

References

  1. Dewi, L. U., Irwandi, D., & Bahriah, E. S. (2021). Pengaruh Media Penilaian Formatif Online Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Periodik Unsur. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 11(1), 19-26. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpk/article/view/15539
  2. Dewi, S. M., Gunawan, G., Susilawati, S., & Harjono, A. (2019). Validitas perangkat pembelajaran fisika berbasis model generatif berbantuan laboratorium virtual. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 162-166. dx.doi.org/10.29303/jpft.v5i1.1175
  3. Erita, Y. (2022). PENGEMBANGAN LKPD TEMATIK TERPADU BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN APLIKASI NEARPOD DI KELAS 3 SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1308-1317. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3149
  4. Hendrayantie, E. (Madrasah A. N. 3 B. (2017). Jurnal PTK dan Pendidikan. 3(2), 19“26.
  5. Hidayanti, U., Rosilawati, I., & Suyono. (2018). Pengembangan E-book Interaktif Berbasis Representasi Kimia pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 7(1), 1“12. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/14999
  6. Inanta, R., Zulhaji, & Indrayani. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Nearpod pada Peserta Didik SMPK Penabur Kelapa Gading Jakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 418“424. http://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/241
  7. Noor, S. (2020). Penggunaan quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1-7. https://doi.org/10.33654/jph.v1i1.927
  8. SYAMSIYAH, Y. N. (2022). Penerapan Model Kooperatif Tipe Inquiri pada Pembelajaran Ikatan Kimia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 144-151. https://doi.org/10.51878/science.v2i2.1233
  9. Wahdan, W. Z., Sulistina, O., & Sukarianingsih, D. (2017). Analisis kemampuan berargumentasi ilmiah materi ikatan kimia peserta didik SMA, MAN, dan perguruan tinggi tingkat I. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 2(2), 30-40.
  10. Widarti, H. R., Safitri, A. F., & Sukarianingsih, D. (2018). Identifikasi pemahaman konsep ikatan kimia. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 3(1), 41-50.