PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM DI MAN 2 MODEL MEDAN

Authors

  • Nita Nazelina Nasution Universitas Negeri Medan
  • Dewi Syafriani Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.48718

Keywords:

Model Pembelajaran Project Based Learning, Model Pembelajaran Learning Cycle 7E, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Struktur Atom

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Dan Motivasi  Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa  Pada Materi Struktur Atom  Di Man 2 Model Medan. Penelitianginin bertujuan untuko mengetahuim perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran dan motivasi belajar yang bervariasi pada materi struktur atom, serta untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap nilai hasil belajar siswa.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Xdi MAN 2 Model Medan yang berjumlah 22 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas diambil dengan cara Purposive Sampling.  Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X P sebagai kelas eksperimen 1 dengan model Project Based Learning (PJBL) dan kelas X L sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan dengan model Learning Cycle 7E. Desain dalam penelitian ini menggunakan desain faktorial 2x3. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan two way ANOVA Univariate dengan taraf signifikan 5% (0,05) apabila diperoleh hasil uji hipotesis < (0,05) maka Ha diterima. Berdasarkan hasil pada model pembelajaran bervariasi diperoleh sig 0,000 < (0,05), maka Ha diterima dan H0 ditolak artinya terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran bervariasi. Pada motivasi belajar bervariasi diperoleh sig 0,013 < α (0,05) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, yang berarti terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar siswa dengan motivasi belajar yang bervariasi.

Author Biographies

Nita Nazelina Nasution, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Kimia

Dewi Syafriani, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Kimia

References

Ermawati, E., Haryono, H., & Hastuti, B. (2014). STUDI KOMPARASI METODE TEAMS GAMES TOURNAMEN (TGT) YANG DILENGKAPI MEDIA TEKA TEKI SILANG (TTS) DAN RODA IMPIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK STRUKTUR ATOM KELAS X SEMESTER 1 SMA N 1 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3), 17-23. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/4153

Goodman, Brandon and Stivers, J. (2010). Project-Based Learning. Educational Psychology. ESPY 505.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Lestari, Tutik. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Dasar menyajikan Contoh Contoh Ilustrasi Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Metode Pembelajaran Demonstrasi Bagi Siswa Kelas XI Multimedia SMK Muhammadiyah Wonosari. Ungraduate Thesis. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rizawayani, R., Sari, S. A., & Safitri, R. (2017). Pengembangan media poster pada materi struktur atom di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 127-133. https://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8435

Sastrika, I. A. K., Sadia, W., & Muderawan, I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap pemahaman konsep kimia dan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(2). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/799

Sumiyati, Y., Sujana, A., & Djuanda, D. (2016). Penerapan model learning cycle 7E untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi proses daur air. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 41-50. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/2930

Suryelita, S., Guspatni, G., & Defriati, P. (2019). Description of learning difficulties on atomic structure and periodic table topics of tenth grade students in SMAN 7 Padang. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1317, No. 1, p. 012147). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012147

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wena, M. (2016). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Nasution, N. N., & Syafriani, D. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM DI MAN 2 MODEL MEDAN. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 14(2), 93–100. https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.48718

Issue

Section

Articles