PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM DI MAN 2 MODEL MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.48718Keywords:
Model Pembelajaran Project Based Learning, Model Pembelajaran Learning Cycle 7E, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Struktur AtomAbstract
Pengaruh Model Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom Di Man 2 Model Medan. Penelitianginin bertujuan untuko mengetahuim perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran dan motivasi belajar yang bervariasi pada materi struktur atom, serta untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap nilai hasil belajar siswa.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Xdi MAN 2 Model Medan yang berjumlah 22 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas diambil dengan cara Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X P sebagai kelas eksperimen 1 dengan model Project Based Learning (PJBL) dan kelas X L sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan dengan model Learning Cycle 7E. Desain dalam penelitian ini menggunakan desain faktorial 2x3. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan two way ANOVA Univariate dengan taraf signifikan 5% (0,05) apabila diperoleh hasil uji hipotesis < (0,05) maka Ha diterima. Berdasarkan hasil pada model pembelajaran bervariasi diperoleh sig 0,000 < (0,05), maka Ha diterima dan H0 ditolak artinya terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran bervariasi. Pada motivasi belajar bervariasi diperoleh sig 0,013 < α (0,05) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, yang berarti terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar siswa dengan motivasi belajar yang bervariasi.References
Ermawati, E., Haryono, H., & Hastuti, B. (2014). STUDI KOMPARASI METODE TEAMS GAMES TOURNAMEN (TGT) YANG DILENGKAPI MEDIA TEKA TEKI SILANG (TTS) DAN RODA IMPIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK STRUKTUR ATOM KELAS X SEMESTER 1 SMA N 1 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3), 17-23. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/4153
Goodman, Brandon and Stivers, J. (2010). Project-Based Learning. Educational Psychology. ESPY 505.
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Lestari, Tutik. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Dasar menyajikan Contoh Contoh Ilustrasi Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Metode Pembelajaran Demonstrasi Bagi Siswa Kelas XI Multimedia SMK Muhammadiyah Wonosari. Ungraduate Thesis. Universitas Negeri Yogyakarta.
Rizawayani, R., Sari, S. A., & Safitri, R. (2017). Pengembangan media poster pada materi struktur atom di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 127-133. https://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8435
Sastrika, I. A. K., Sadia, W., & Muderawan, I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap pemahaman konsep kimia dan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(2). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/799
Sumiyati, Y., Sujana, A., & Djuanda, D. (2016). Penerapan model learning cycle 7E untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi proses daur air. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 41-50. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/2930
Suryelita, S., Guspatni, G., & Defriati, P. (2019). Description of learning difficulties on atomic structure and periodic table topics of tenth grade students in SMAN 7 Padang. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1317, No. 1, p. 012147). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012147
Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wena, M. (2016). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nita Nazelina Nasution, Dewi Syafriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Handayani PGSD FIP UNIMED Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)