PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECAKAPAN KOMUNIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA NEGERI 7 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.48728Keywords:
Model Project Based Learning, Model Discovery Learning, Kecakapan Komunikasi, Hasil Belajar, Kesetimbangan KimiaAbstract
Pengaruh Model Pembelajaran dan Kecakapan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia di SMA Negeri 7 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran dan kemampuan komunikasi yang berbeda pada materi Kesetimbangan Kimia, serta ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan komunikasi terhadap hasil belajar siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dengan kelas XI MIPA-3 sebagai kelas eksperimen pertama yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan kelas XI MIPA-4 sebagai kelas eksperimen kedua yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Desain faktorial 2x3 digunakan dalam penelitian ini. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan ANOVA Univariate dua arah dengan taraf signifikansi 5% (0,05), dan Ha diterima jika hasil uji hipotesis yang dihasilkan < (0,05). Berdasarkan nilai sig yang diperoleh dari model pembelajaran yang berbeda sebesar 0,048 < (0,05), Ha diterima dan H0 ditolak, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran yang berbeda. Hasil sig sebesar 0,000 < (0,05) pada kecakapan komunikasi yang bervariasi, maka Ha diterima dan H0 ditolak, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan kemampuan komunikasi yang bervariasi. Hasil sig dari interaksi model pembelajaran dan kemampuan komunikasi sebesar 0,093 > (0,05), maka H0 diterima dan Ha ditolak yang menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan komunikasi terhadap hasil belajar siswa pada materi Kesetimbangan Kimia.References
Akbar, Z. D., Herdiani, H., Abdullah, A. (2019). IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI KESETIMBANGAN KIMIA MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK PILIHAN GANDA TIGA TINGKAT (THREE-TIER MULTIPLE CHOICE) PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMA NEGERI 2 PEKANBARU. Jurnal Pendidikan Universitas Riau, 4(1), 1-14. http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v4i1.7082
Irmita, L. U. (2018). Pengembangan modul pembelajaran kimia menggunakan pendekatan science, technology, engineering and mathematic (STEM) pada materi kesetimbangan kimia. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 26-36. https://doi.org/10.19109/ojpk.v2i2.2665
Nawalinsi, M. S. M. (2016). Keefektifan Pendekatan Scientific dengan Metode Pjbl, Pbl, Inquiry, dan Discovery dalam Pembelajaran Geografi. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(2), 101-104. https://doi.org/10.21831/socia.v13i2.12578
Nugrahani, K., Purbosari, P., & Sularmi, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Quizizz. Jurnal Dikdas Bantara, 4(2), 150-159. https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v4i2.1686
Panjaitan, Y. F. (2022). Pengembangan bahan ajar kimia berbasis project based learning pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(6), 657-664. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/educenter/article/view/234
Pusparani, H. (2020). Media quizizz sebagai aplikasi evaluasi pembelajaran kelas vi di sdn guntur kota cirebon. Tunas Nusantara, 2(2), 269-279. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1496
Sugiarti, F., & Sukarmin, S. (2019). Mendeteksi dan mereduksi miskonsepsi dengan menggunakan software dered misequilibri pada materi kesetimbangan kimia. UNESA Journal of Chemical Education, 8(1), 94-100
Wati, W., & Novita, D. (2021). Mereduksi miskonsepsi materi kesetimbangan kimia melalui penerapan strategi predict discuss explain observe discuss explain (PDEODE). Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 1-10. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.32399
Wulandari, S., & Nasir, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Ikatan Kimia Di Kelas X Sma Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 3(2), 85-93
Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 21-28. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putri Widyanti, Dewi Syafriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Handayani PGSD FIP UNIMED Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)