PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECAKAPAN KOMUNIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA NEGERI 7 MEDAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Putri Widyanti
Dewi Syafriani

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran dan Kecakapan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia di SMA Negeri 7 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran dan kemampuan komunikasi yang berbeda pada materi Kesetimbangan Kimia, serta ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan komunikasi terhadap hasil belajar siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dengan kelas XI MIPA-3 sebagai kelas eksperimen pertama yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan kelas XI MIPA-4 sebagai kelas eksperimen kedua yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Desain faktorial 2x3 digunakan dalam penelitian ini. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan ANOVA Univariate dua arah dengan taraf signifikansi 5% (0,05), dan Ha diterima jika hasil uji hipotesis yang dihasilkan < (0,05). Berdasarkan nilai sig yang diperoleh dari model pembelajaran yang berbeda sebesar 0,048 < (0,05), Ha diterima dan H0 ditolak, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran yang berbeda. Hasil sig sebesar 0,000 < (0,05) pada kecakapan komunikasi yang bervariasi, maka Ha diterima dan H0 ditolak, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan kemampuan komunikasi yang bervariasi. Hasil sig dari interaksi model pembelajaran dan kemampuan komunikasi sebesar 0,093 > (0,05), maka H0 diterima dan Ha ditolak yang menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan komunikasi terhadap hasil belajar siswa pada materi Kesetimbangan Kimia.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Putri Widyanti, Universitas Negeri Medan

Pendidikan Kimia

Dewi Syafriani, Universitas Negeri Medan

Pendidikan Kimia
How to Cite
Widyanti, P., & Syafriani, D. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECAKAPAN KOMUNIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA NEGERI 7 MEDAN. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 14(2), 108–115. https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.48728

References

  1. Akbar, Z. D., Herdiani, H., Abdullah, A. (2019). IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI KESETIMBANGAN KIMIA MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK PILIHAN GANDA TIGA TINGKAT (THREE-TIER MULTIPLE CHOICE) PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMA NEGERI 2 PEKANBARU. Jurnal Pendidikan Universitas Riau, 4(1), 1-14. http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v4i1.7082
  2. Irmita, L. U. (2018). Pengembangan modul pembelajaran kimia menggunakan pendekatan science, technology, engineering and mathematic (STEM) pada materi kesetimbangan kimia. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 26-36. https://doi.org/10.19109/ojpk.v2i2.2665
  3. Nawalinsi, M. S. M. (2016). Keefektifan Pendekatan Scientific dengan Metode Pjbl, Pbl, Inquiry, dan Discovery dalam Pembelajaran Geografi. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(2), 101-104. https://doi.org/10.21831/socia.v13i2.12578
  4. Nugrahani, K., Purbosari, P., & Sularmi, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Quizizz. Jurnal Dikdas Bantara, 4(2), 150-159. https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v4i2.1686
  5. Panjaitan, Y. F. (2022). Pengembangan bahan ajar kimia berbasis project based learning pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(6), 657-664. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/educenter/article/view/234
  6. Pusparani, H. (2020). Media quizizz sebagai aplikasi evaluasi pembelajaran kelas vi di sdn guntur kota cirebon. Tunas Nusantara, 2(2), 269-279. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1496
  7. Sugiarti, F., & Sukarmin, S. (2019). Mendeteksi dan mereduksi miskonsepsi dengan menggunakan software dered misequilibri pada materi kesetimbangan kimia. UNESA Journal of Chemical Education, 8(1), 94-100
  8. Wati, W., & Novita, D. (2021). Mereduksi miskonsepsi materi kesetimbangan kimia melalui penerapan strategi predict discuss explain observe discuss explain (PDEODE). Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 1-10. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.32399
  9. Wulandari, S., & Nasir, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Ikatan Kimia Di Kelas X Sma Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 3(2), 85-93
  10. Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 21-28. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851