PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT INTERAKTIF PADA HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.48745Keywords:
Discovery Learning, Hasil Belajar, IPSAbstract
Discovery learning adalah metode pemahaman konsep, makna, dan hubungan melalui proses intuitif, yang pada akhirnya sampai pada suatu kesimpulan. media power point interaktif ini cocok digunakan dan dapat dijadikan sebagai solusi dari permasalahan dalam pembelajaran pada hasil belajar IPS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) IPS merupakan salah satu mata pelajaran terpadu di sekolah dasar yang menghubungkan dengan kehidupan sehari-hari.Ilmu-ilmu sosial yang memegang peranan penting bagi peserta didik dalam kedudukannya dalam pergaulan di lingkungan keluarga, sekolah dan sosial. Tujuan penelitian untuk mengetahui Adakah pengaruh model Discovery learning berbantuan media Power point interaktif pada hasil belajar IPS siswa kelas IV?. Subjek penelitian kelas IV A di SDN 35 Talang Kelapa. Jenis penelitian ini yaitu quasy experiment dengan design one group pretest posttest design.hasil penelitian terlihat setelah dilakukan pretest, treatment, post test pada kelompok eksperimen dan kelas control sehingga dapat didapat hasil perhitungan œPaired Sampel Test di atas, diketahui nilai Sig. (2-Tailed) adalah sebesar 0.000 < 0.05, maka dalam hal ini H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar Pretest dengan Posttest yang artinya terdapat pengaruh penggunan model Discovery Learning berbantuan Media Power Point Interaktif Pada hasil Belajar IPS Kelas IV Sekolah Dasar.References
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Arifin, J. (2017). SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Elex Media Komputindo.
Asriningsih, N. W. N., Sujana, I. W., & Darmawati, I. G. A. P. S. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Powerpoint Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Mimbar Ilmu, 26(2), 251-259. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36202
Astriani, A., Idris, M., & Suryani, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar (IPS) Siswa Kelas V di SD Negeri 05 Sungai Rotan. Indonesian Research Journal on Education, 3(2), 1026-1035. https://doi.org/10.31004/irje.v3i2.135
GHOZALI, M. Y. Y. (2022). PENINGKATAN KREATIFITAS GURU DALAM MEMBUAT MEDIA ANIMASI MELALUI APLIKASI POWER POINT INTERAKTIF DI MTS DARUL ULUM KARANGREJO GUMUKMAS KABUPATEN JEMBER. PESAT, 8(4), 69-88. http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pesat/article/view/95
Hizbi, A. H., Suarjana, I. M., & Sudarmawan, G. A. (2021). Model Discovery Learning Berbatuan Power Point Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran IPA). Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 393-402. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.36643
Kamali, F. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Daring Tema Makanan Sehat Sub Tema Tubuh Mengolah Makan Melalui Media Power Point Interaktif pada Siswa Kelas 5A MIN 1 Kota Gorontalo Gorontalo. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 1-10. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/2547
Liando, M. A. J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(6), 743-751.
Mamelio, A., Idris, M., & Dedy, A. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Peserta Didik SDN 1 Ujung Tanjung. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 19(1), 31-37. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i1.4645
Marcela, R., Idris, M., & Aryaningrum, K. (2022). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 138 Palembang. Journal on Teacher Education, 4(1), 54-61. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5680
Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep model discovery learning pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar menurut pandangan para ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2189-2198. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/697
Meldina, T., Melinedri, M., Agustin, A., & Harahap, S. H. (2020). Integrasi Pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 15-26. http://dx.doi.org/10.29240/jpd.v4i1.1572
Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936-1941. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653
Pramestika, L. A. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 2(1), 110-114. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/610
Putri, D. P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50.
Putri, M. L., & Sukma, E. (2020). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV Sdn 15 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2214-2222.
Ramadani, D. F., Idris, M., & Ayurachmawati, P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Number Head Together terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SD Negeri 01 Tanjung Raja. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 7272-7276. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7910
Sari, M. I., Huda, C., & Susanto, J. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU VIDEO PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS V TEMA 8 DI SD NEGERI 2 TARUB TAHUN PELAJARAN 2020/2021. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 12(1), 67-73.
Sidiq, U., Choiri, M. M., & Mujahidin, A. (2019). metode penelitian kealitatif di bidang pendidikan. ponorgo: CV. Nata Karya.
Ulfa, T., & Munastiwi, E. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 50-54. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.576
Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Roaidah, Idris Muhammad, Irawan David Budi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Handayani PGSD FIP UNIMED Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)