PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 136 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.48766Keywords:
Pemberian Reward, Hasil Belajar, Bahasa IndonesiaAbstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 136 Palembang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh reward terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 136 Palembang. Penelitian ini, menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Desain œPottest-Only Control Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 136 Palembang Tahun Pelajaran 2023/2024, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B sebagai kelas eksperimen berjumlah 29 sjkjhiswa dan kelas IV A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Tes dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan data hasil penelitian yang telah dilakukan dapat dibuktikan dari hasil posttest dikelas eksperimen yang diberikan perlakuan pemberian reward memperoleh nilai rata-rata 75,51 dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 55,89 Serta melalui pengujian hipotesis dengan uji t atau independent sampel T-test diperoleh nilai signifikan 0,000<0,05 dan ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” (4,875)> ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™ (2,003) yang bearti ð»ð‘œ di tolak dan ð»ð‘Ž diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 136 Palembang.References
Azis, A. C. K., Kartono, G., & Putri, S. R. (2022). Perkembangan Perangkat Pembelajaran. Media Sains Indonesia.
Fadhila, I. R. (2020). Pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar fiqih peserta didik di MTS Assyafi™yah Gondang Tulung Agung. UIN SATU Tulung Agung.
Ibda, H. (2022). Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Era Digital. CV. Pilar Nusantara.
Juliansyah Noor, S. E. (2016). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Prenada Media.
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.
Magdalena, I. (2022). Teori dan praktik evaluasi pembelajaran SD. CV Jejak (Jejak Publisher).
MAYANG, S. (2021). PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS MI BUSTANUL ULUM SIDOREJO KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Doctoral dissertation. UIN Raden Intan Lampung.
Nafiah, S. A. (2018). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Ae-Ruzz Media.
Nengtyas, S. R. (2021). PENGARUH PEMBERIAN HADIAH (REWARD) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL. Undergraduate Thesis. UIN SATU Tulung Agung
Ningrum, A. S., Salminawati, S., & Rambe, R. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Circ (Cooperative Integrated Reading And Compotision) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Iv Min 4 Medan. NIZHAMIYAH, 10(1), 31-38. https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/nizhamiyah/article/view/731
Sabila, R., Sumadyo, B., & Permana, A. (2021). PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PAD SISWA KELAS VIII SMP ISLAM ARRIDHO DEPOK. ALEGORI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(2), 175-180. https://doi.org/10.30998/.v1i2.6280
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117. https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/issue/view/8
Sugiyono. (2019). Metodologi Pendidikan Kuantitatif. ALFABETA.
Wahyuni, Syarifah. (2019). Pengaruh Penerapan Reward dan Punishment Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Reaksi Redoks. Undergraduate Thesis. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lisa Monika, Djunaidi, Eni Heldiyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Handayani PGSD FIP UNIMED Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)