PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 136 PALEMBANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Lisa Monika
Djunaidi Djunaidi
Eni Heldiyani

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 136 Palembang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh reward terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 136 Palembang. Penelitian ini, menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Desain œPottest-Only Control Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 136 Palembang Tahun Pelajaran 2023/2024, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B sebagai kelas eksperimen berjumlah 29 sjkjhiswa dan kelas IV A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Tes dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan data hasil penelitian yang telah dilakukan dapat dibuktikan dari hasil posttest dikelas eksperimen yang diberikan perlakuan pemberian reward memperoleh nilai rata-rata 75,51 dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 55,89 Serta melalui pengujian hipotesis dengan uji t atau independent sampel T-test diperoleh nilai signifikan 0,000<0,05 dan ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” (4,875)> ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™ (2,003) yang bearti ð»ð‘œ di tolak dan ð»ð‘Ž diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 136 Palembang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Lisa Monika, Universitas PGRI Palembang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Djunaidi Djunaidi, Universitas PGRI Palembang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Eni Heldiyani, Universitas PGRI Palembang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar
How to Cite
Monika, L., Djunaidi, D., & Heldiyani, E. (2024). PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 136 PALEMBANG. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 14(2), 126–132. https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.48766

References

  1. Azis, A. C. K., Kartono, G., & Putri, S. R. (2022). Perkembangan Perangkat Pembelajaran. Media Sains Indonesia.
  2. Fadhila, I. R. (2020). Pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar fiqih peserta didik di MTS Assyafi™yah Gondang Tulung Agung. UIN SATU Tulung Agung.
  3. Ibda, H. (2022). Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Era Digital. CV. Pilar Nusantara.
  4. Juliansyah Noor, S. E. (2016). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Prenada Media.
  5. Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.
  6. Magdalena, I. (2022). Teori dan praktik evaluasi pembelajaran SD. CV Jejak (Jejak Publisher).
  7. MAYANG, S. (2021). PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS MI BUSTANUL ULUM SIDOREJO KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Doctoral dissertation. UIN Raden Intan Lampung.
  8. Nafiah, S. A. (2018). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Ae-Ruzz Media.
  9. Nengtyas, S. R. (2021). PENGARUH PEMBERIAN HADIAH (REWARD) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL. Undergraduate Thesis. UIN SATU Tulung Agung
  10. Ningrum, A. S., Salminawati, S., & Rambe, R. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Circ (Cooperative Integrated Reading And Compotision) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Iv Min 4 Medan. NIZHAMIYAH, 10(1), 31-38. https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/nizhamiyah/article/view/731
  11. Sabila, R., Sumadyo, B., & Permana, A. (2021). PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PAD SISWA KELAS VIII SMP ISLAM ARRIDHO DEPOK. ALEGORI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(2), 175-180. https://doi.org/10.30998/.v1i2.6280
  12. Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117. https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/issue/view/8
  13. Sugiyono. (2019). Metodologi Pendidikan Kuantitatif. ALFABETA.
  14. Wahyuni, Syarifah. (2019). Pengaruh Penerapan Reward dan Punishment Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Reaksi Redoks. Undergraduate Thesis. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif