PENGARUH PENERAPAN LATTICE MULTIPLICATION METHOD UNTUK MENGATASI KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN OPERASI PERKALIAN BILANGAN DESIMAL DI KELAS V T.A. 2022/2023

Fairuz Fajra Rizkadilia, Elvi Mailani, Daitin Tarigan, Eva Betty Simanjuntak, Laurensia Masri Perangin angin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan lattice multiplication method untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan operasi perkalian bilangan desimal di kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VA dan VB SDN 105300 Suka Makmur yang berjumlah 55 siswa. Sampel yang digunakan adalah total sampel yaitu VA 30 siswa kelas eksperimen dan VB 25 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh penerapan metode lattice untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan operasi perkalian bilangan desimal di kelas V T.A 2022/2023. Hal ini terlihat dari perbedaan hasil nilai rata-rata post-tes kelas eksperimen yaitu 82,3 dan kelas kontrol 73,32. Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis yang diperoleh nilai signifikan yaitu 0,05 yaitu t hitung < t tabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen yang menggunakan metode lattice dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional.


Keywords


Metode Perkalian Kisi; Perkalian Bilangan Desimal; Kesulitan Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Dalyono, M. (2016). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Hasanah, N. (2016). Upaya guru dalam mengatasi siswa berkesulitan belajar matematika di kelas IV SDIT Ukhuwah Banjarmasin. Jurnal PTK & Pendidikan, 2(2), 27-34. https://doi.org/10.18592/ptk.v2i2.1028

Heruman. (2013). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jamaris, Martini. (2015). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, Dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mailani, E. (2015). Penerapan pembelajaran matematika yang menyenangkan. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 1(1), 8-11. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v1i1.1286

Marbun, A. A., Sitepu, A., & Juliana, J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Praja Muda Karana di Kelas III SD Negeri 105327 Perdamean. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 11(2), 176-184. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v11i2.26631

Mujib, Abdul, and Erik Suparingga. (2013). Upaya Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Operasi Perkalian Dengan Metode Latis. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, (1-6). https://eprints.uny.ac.id/10724/

Rantukahu dan Kandou. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-ruz Media.

Rasidah, Rabiatul. (2014). Penerapan Metode Lattice Untuk Menigkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Matematika Kelas III MI NW Badrussalam Sekarbela Tahun Pelajaran 2013/2014. Ungraduate Thesis. IAIN Mataram, Lombok.

Subini, Nini. (2015). Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Jakarta: Buku Kita.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Uno, Hamzah B. (2012). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.48784

Article Metrics

Abstract view : 44 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fairuz Fajra Rizkadilia, Elvi Mailani, Daitin Tarigan, Eva Betty Simanjuntak, Laurensia Masri Perangin angin5

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.