PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ISPRING SUITE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SDIT HJ. FAUZIAH BINJAI TIMUR T.A. 2022/2023
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Afnan, M., Lasmawan, I. W., & Margunayasa, I. G. (2022). Media Pembelajaran IPS Berbasis Android pada Topik Globalisasi di Sekitarku Bermuatan Tri Hita Karana untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 1-8. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.44487
- Alfiyansah, R. (2016). Penggunaan media pembelajaran i-spring presenter untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar pada mata kuliah keperawatan dasar nutrisi. PEDAGOGIA, 14(2), 363-369. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v14i2.3886
- Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
- Asyhar, Rayandra. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
- Audhiha, M., Febliza, A., Afdal, Z., MZ, Z. A., & Risnawati, R. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Animate CC pada Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 1086-1097. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2170
- Azzahra, M., & Amaliyah, N. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 851-859. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2677
- Benny. (2018). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
- Cahyadi, A. (2019) Sumber Belajar dan Media Pembelajaran. Banjarmasin: Laksita Indonesia.
- Daryanto. (2017). Media Pembelajaran. Bandung: CV. Yarama Widya.
- Hamzah dan Nina. (2012). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
- Hasan. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.
- Irfan, I., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 16-27. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21765
- Juanda, A. (2019). Pembelajaran Kurikulum Tematik Terpadu. CV. Confident. Cirebon.
- Julianti, M., & Arwin, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Powerpoint Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran TematikTerpaduKelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 888-896. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3477
- Komara, E. (2016). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: Refika Aditama.
- Kurniawan, D. (2019). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.
- Larasati, D., Wrahatnolo, T., Rijanto, T., & Anifah, L. (2022). Pengembangan media pembelajaran Ispring Suite 9 berbasis android pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(1), 79-85.
- Lestari, N. (2019). Konsep Ispring Suite 8 dalam pembelajaran. h. 23-47.
- Mahardika, C., & Siswoyo, A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Komponen Ekosistem (KOKOSIS) untuk Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 39-50. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.184
- Nuraini, I., & Sutama, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis power point Ispring Suite 8 di sekolah dasar. Jurnal Varidika, 31(2), 62-71. https://doi.org/10.23917/varidika.v31i2.10220
- Nurjanah, N., & Erita, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Ispring Suite Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(2), 126-134. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/4672
- Nurkancana, Wayan. (2012). Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
- Prabowo, C. A., Ibrohim, I., & Saptasari, M. (2016). Pengembangan modul pembelajaran inkuiri berbasis laboratorium virtual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(6), 1090-1097. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6422
- Prastowo, Andi. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Prenamedia Group.
- Pratiwi, A., & Wiranda, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web pada Materi FPB dan KPK Kelas IV SD dengan Metode Tutorial. Computing and Education Technology Journal, 3(1), 31-39. https://doi.org/10.20527/cetj.v3i1.8403
- Rahayu, M. S. I., & Kuswanto, H. (2020). Development of android-based comics integrated with scientific approach in physics learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1440, No. 1, p. 012040). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012040
- Rudang. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Ispring Suite 9 pada Subtema 3 di Kelas IV SDN 040450 Kabanjahe T.A 2021/2022. Undergraduate Thesis. Universitas Negeri Medan.
- Samsu. (2017). Metode Penelitian. Jambi: Pusaka.
- Saputro, Budiyono. (2017). Manajemen Penelitian dan Pengembangan. Salatiga: Aswaja Pressindo.
- Simanihuruk, L. (2019). Analisis Permasalahan Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Terpadu Di SD Negeri 101769 Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan TA 2018 s/d 2019. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 17(1), 32-42.
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.
- Sugiyono. (2018). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) Bandung: Alfabeta.
- Sulhan, Ahmad. (2019). Konsep Dasar Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar (Sd/Mi). Mataram: FTK UIN Mataram.
- Surahman, F., Utami, R., & Dewi, T. M. (2020). Pengembangan Media Modul Pembelajaran Tematik Tema œCuaca Subtema œPerubahan Cuaca Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. JURNAL MINDA, 1(2), 1-9. https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/mindafkip/article/view/118
- Wardani, O. P., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Konteks Budaya Lokal dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 3(4), 263-270.
- Widiasworo, E. (2019). Menyusun Penelitian Kuantitatif Untuk Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Araska.
- Yaumi, M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
- Yusuf, M. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia.