PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ISPRING SUITE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SDIT HJ. FAUZIAH BINJAI TIMUR T.A. 2022/2023

Yana Faudhani, Faisal Faisal, Irsan Rangkuti, Robenhart Tamba, Lidia Simanihuruk

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Ispring Suite yang valid, praktis, dan efektif pada pembelajaran tematik di kelas III SDIT Hj. Fauziah Binjai Timur T.A 2022/2023.  Permasalahan awal yang terdapat pada penelitian ini adalah belum pernah adanya media pembelajaran interaktif berbasis Ispring Suite yang dikembangkan sehingga berdampak terhadap minat belajar siswa kelas III-A SDIT Hj. Fauziah Binjai Timur, yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang tergolong rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yaitu terdiri dari Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III-A SDIT Hj. Fauziah Binjai Timur yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, dan tes. Instrument penelitian yang digunakan dalam  pengumpulan data yaitu: pedoman wawancara, angket validasi ahli desain materi, ahli desain media, ahli praktisi pendidikan, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif.Data Kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, tanggapan dan saran dari validator materi, desain media, dan guru. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli desain media, guru dan siswa. Hasil penilaian kevalidan oleh validator ahli materi (dosen) sebesar 88,57% dengan kriteria “Sangat Valid”, dan penilaian oleh validator ahli desain media (dosen) sebesar 85,71% dengan kriteria “Sangat Valid”. Selanjutnya penilaian kepraktisan oleh ahli praktisi (guru) kelas III-A sebesar 87,1% dengan kriteria “Sangat Praktis”, dan penilaian respon siswa kelas III-A SDIT Hj. Fauziah Binjai Timur memperoleh skor 93% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Adapun hasil penilaian keefektifan oleh siswa menunjukkan perubahan nilai yang meningkat, dapat dilihat dari hasil Pre-Test dan Post-Test. Hasil pre-test memperoleh 53%. dan hasil post-test memperoleh 89,4%. Berdasarkan hasil uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis Ispring Suite yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di kelas III-A SDIT Hj. Fauziah Binjai Timur 2022/2023.


Keywords


: Penelitian dan Pengembangan; Media Pembelajaran Interaktif; Ispring Suite

Full Text:

PDF

References


Afnan, M., Lasmawan, I. W., & Margunayasa, I. G. (2022). Media Pembelajaran IPS Berbasis Android pada Topik Globalisasi di Sekitarku Bermuatan Tri Hita Karana untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 1-8. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.44487

Alfiyansah, R. (2016). Penggunaan media pembelajaran i-spring presenter untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar pada mata kuliah keperawatan dasar nutrisi. PEDAGOGIA, 14(2), 363-369. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v14i2.3886

Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Asyhar, Rayandra. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Audhiha, M., Febliza, A., Afdal, Z., MZ, Z. A., & Risnawati, R. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Animate CC pada Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 1086-1097. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2170

Azzahra, M., & Amaliyah, N. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 851-859. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2677

Benny. (2018). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Cahyadi, A. (2019) Sumber Belajar dan Media Pembelajaran. Banjarmasin: Laksita Indonesia.

Daryanto. (2017). Media Pembelajaran. Bandung: CV. Yarama Widya.

Hamzah dan Nina. (2012). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasan. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Irfan, I., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 16-27. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21765

Juanda, A. (2019). Pembelajaran Kurikulum Tematik Terpadu. CV. Confident. Cirebon.

Julianti, M., & Arwin, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Powerpoint Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran TematikTerpaduKelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 888-896. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3477

Komara, E. (2016). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: Refika Aditama.

Kurniawan, D. (2019). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.

Larasati, D., Wrahatnolo, T., Rijanto, T., & Anifah, L. (2022). Pengembangan media pembelajaran Ispring Suite 9 berbasis android pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(1), 79-85.

Lestari, N. (2019). Konsep Ispring Suite 8 dalam pembelajaran. h. 23-47.

Mahardika, C., & Siswoyo, A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Komponen Ekosistem (KOKOSIS) untuk Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 39-50. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.184

Nuraini, I., & Sutama, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis power point Ispring Suite 8 di sekolah dasar. Jurnal Varidika, 31(2), 62-71. https://doi.org/10.23917/varidika.v31i2.10220

Nurjanah, N., & Erita, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Ispring Suite Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(2), 126-134. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/4672

Nurkancana, Wayan. (2012). Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Prabowo, C. A., Ibrohim, I., & Saptasari, M. (2016). Pengembangan modul pembelajaran inkuiri berbasis laboratorium virtual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(6), 1090-1097. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6422

Prastowo, Andi. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Prenamedia Group.

Pratiwi, A., & Wiranda, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web pada Materi FPB dan KPK Kelas IV SD dengan Metode Tutorial. Computing and Education Technology Journal, 3(1), 31-39. https://doi.org/10.20527/cetj.v3i1.8403

Rahayu, M. S. I., & Kuswanto, H. (2020). Development of android-based comics integrated with scientific approach in physics learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1440, No. 1, p. 012040). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012040

Rudang. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Ispring Suite 9 pada Subtema 3 di Kelas IV SDN 040450 Kabanjahe T.A 2021/2022. Undergraduate Thesis. Universitas Negeri Medan.

Samsu. (2017). Metode Penelitian. Jambi: Pusaka.

Saputro, Budiyono. (2017). Manajemen Penelitian dan Pengembangan. Salatiga: Aswaja Pressindo.

Simanihuruk, L. (2019). Analisis Permasalahan Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Terpadu Di SD Negeri 101769 Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan TA 2018 s/d 2019. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 17(1), 32-42.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) Bandung: Alfabeta.

Sulhan, Ahmad. (2019). Konsep Dasar Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar (Sd/Mi). Mataram: FTK UIN Mataram.

Surahman, F., Utami, R., & Dewi, T. M. (2020). Pengembangan Media Modul Pembelajaran Tematik Tema “Cuaca” Subtema “Perubahan Cuaca” Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. JURNAL MINDA, 1(2), 1-9. https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/mindafkip/article/view/118

Wardani, O. P., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Konteks Budaya Lokal dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 3(4), 263-270.

Widiasworo, E. (2019). Menyusun Penelitian Kuantitatif Untuk Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Araska.

Yaumi, M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yusuf, M. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia.




DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.48827

Article Metrics

Abstract view : 154 times
PDF - 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yana Faudhani, Faisal Faisal, Irsan Rangkuti, Robenhart Tamba, Lidia Simanihuruk

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
slot gacor slot