PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V TEMA 2 SUBTEMA 1 SD NEGERI 106809 KOLAM T.A 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.49014Keywords:
Media Pop Up Book, Pengembangan, Metode R&DAbstract
Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas media pop up book pada hasil belajar anak. Tempat dan sample penelitian dilakukan di SD 106809 Kolam pada kelas Va dan Vb. Metode yang digunakan pada penelitian mengunakan metode R&D. model pengembangan yang akan dilakukan dikenal dengan model pengembangan 4-D, model 4-D tersebut adalah define, design, develop dan disseminate. Dalam penelitian ini terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan nilai antara kelas yang mengunakan media pembelajaran pop up book dengan kelas yang tidak mengunakan media pop up book. Kelas yang mengunakan media pop up book mengalami peningkatan signifikan dari nilai rata-rata awal 37,16 menjadi 78,84 sedangkan kelas yang tidak mengunakan media pop up book memiliki rata-rata awal 52,26 menjadi 71,35. Dari pencapaian nilai rata-rata kelas A dapat dilihat bahwa penggunaan media pop up book sangat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa.References
Aji, N. Y. L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Multikulturalisme Pada Materi Hari Besar Keagamaan Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Undergradute Thesis. Univeristas Sanata Darma Yogyakarta.
Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing.
Dewanti, H., Toenlio, J. E. A., Soeprianto, Y. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas Iv Sdn 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(3), 221-228. https://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4551
Faisal., & Lova, M.S. (2018). Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Medan: CV. Harapan Cerdas.
Gunawan., Ritonga, A. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0. Medan: Raja Grafindo Persada.
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing
Hasan, M., Milawati., Darodjat., Harahap, K. T., Tahrim, T., Anwari, M. A., Rahmat, A., Masdiana., Indra, M. I. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: CV Tahta Media Group .
Hasanah, U. (2019). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sd Negeri 99 Kota Bengkulu. Undergradute Thesis. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Indrianto, N. & Kurniawati. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Peristiwa Alam Siswakelas I Min 4 Jember. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 279-291. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13836
Jannah, M. R. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Materi Siklus Air Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3), 1824-1836. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/39718
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya : Penerbit Bintang Surabaya.
Malawi, I., & Kadarwati, A. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Magetan: CV. AE Media Grafika
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran Pop-up Book pada mata pelajaran IPA kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Undiksha, 6(2), 212-221. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20294
Mutaqin, J.E., Asyari, L., Muslihah, N. N., Nugraha, S. W. (2020). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal PEKEMAS, 3(1), 18-22.
Pertiwi, N., & Fitria, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Pembelajaran Tematik Terpadu pada Tema 9 untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 6(1), 85-92. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8535
Rahayu, D. (2020). Pengembangan Pop-Up Book Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Struktur Atom Di Sma Inshafuddin Banda Aceh. Undergraduate Thesis. Universitas Negeri Islam AR-Rainy.
Rahmawati, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Materi Perubahan Wujud Benda Untuk Siswa Sdlb Tunarungu Kelas IV. Undergraduate Thesis. Universitas Negeri Yogyakarta.
Ratumanan. (2002). Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar, Metode dan Teknik. Bandung: Tarsito.
Rochimah, N. U. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Ipa Materi Bumi Dan Alam Semesta Kelas Ii Di Mi Miftakhul Akhlaqiyah Semarang Undergraduate Thesis. Universitas Negeri Semarang.
Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun Tesis Dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressiono.
Simanjuntak, E. B., Siburian, G., & Nainggolan, M. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Berbasis Teka-Teki Silang Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. JS (JURNAL SEKOLAH), 5(2), 70-76. https://doi.org/10.24114/js.v5i2.32717
Sukyati., Wulandari, S. (2009). Modul Matematika SD Program Bermutu - Pembelajaran Tematik Di SD. Jakarta : PPPPTK Matematika.
Umam, K. N., Bakhtiar, M. A., Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 1 - 11.
Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nella Adelina Br. Tarigan, Elvi Mailani, Eva Betty Simanjuntak, Naeklan Simbolon, Faisal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Handayani PGSD FIP UNIMED Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)