PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V TEMA 2 SUBTEMA 1 SD NEGERI 106809 KOLAM T.A 2022/2023

Nella Adelina Br. Tarigan, Elvi Mailani, Eva Betty Simanjuntak, Naeklan Simbolon, Faisal Faisal

Abstract


Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas media pop up book pada hasil belajar anak. Tempat dan sample penelitian dilakukan di SD 106809 Kolam pada kelas Va dan Vb. Metode yang digunakan pada penelitian mengunakan metode R&D. model pengembangan yang akan dilakukan dikenal dengan model pengembangan 4-D, model 4-D tersebut adalah define, design, develop dan disseminate. Dalam penelitian ini terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan nilai antara kelas yang mengunakan media pembelajaran pop up book dengan kelas yang tidak mengunakan media pop up book. Kelas yang mengunakan media pop up book mengalami peningkatan signifikan dari nilai rata-rata awal 37,16 menjadi 78,84 sedangkan kelas yang tidak mengunakan media pop up book memiliki rata-rata awal 52,26 menjadi 71,35. Dari pencapaian nilai rata-rata kelas A dapat dilihat bahwa penggunaan media pop up book sangat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords


Media Pop Up Book; Pengembangan; Metode R&D

Full Text:

PDF

References


Aji, N. Y. L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Multikulturalisme Pada Materi Hari Besar Keagamaan Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Undergradute Thesis. Univeristas Sanata Darma Yogyakarta.

Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing.

Dewanti, H., Toenlio, J. E. A., Soeprianto, Y. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas Iv Sdn 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(3), 221-228. https://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4551

Faisal., & Lova, M.S. (2018). Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Medan: CV. Harapan Cerdas.

Gunawan., Ritonga, A. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0. Medan: Raja Grafindo Persada.

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing

Hasan, M., Milawati., Darodjat., Harahap, K. T., Tahrim, T., Anwari, M. A., Rahmat, A., Masdiana., Indra, M. I. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: CV Tahta Media Group .

Hasanah, U. (2019). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sd Negeri 99 Kota Bengkulu. Undergradute Thesis. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Indrianto, N. & Kurniawati. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Peristiwa Alam Siswakelas I Min 4 Jember. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 279-291. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13836

Jannah, M. R. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Materi Siklus Air Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3), 1824-1836. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/39718

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya : Penerbit Bintang Surabaya.

Malawi, I., & Kadarwati, A. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Magetan: CV. AE Media Grafika

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran Pop-up Book pada mata pelajaran IPA kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Undiksha, 6(2), 212-221. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20294

Mutaqin, J.E., Asyari, L., Muslihah, N. N., Nugraha, S. W. (2020). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal PEKEMAS, 3(1), 18-22.

Pertiwi, N., & Fitria, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Pembelajaran Tematik Terpadu pada Tema 9 untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 6(1), 85-92. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8535

Rahayu, D. (2020). Pengembangan Pop-Up Book Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Struktur Atom Di Sma Inshafuddin Banda Aceh. Undergraduate Thesis. Universitas Negeri Islam AR-Rainy.

Rahmawati, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Materi Perubahan Wujud Benda Untuk Siswa Sdlb Tunarungu Kelas IV. Undergraduate Thesis. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ratumanan. (2002). Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar, Metode dan Teknik. Bandung: Tarsito.

Rochimah, N. U. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Ipa Materi Bumi Dan Alam Semesta Kelas Ii Di Mi Miftakhul Akhlaqiyah Semarang Undergraduate Thesis. Universitas Negeri Semarang.

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun Tesis Dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressiono.

Simanjuntak, E. B., Siburian, G., & Nainggolan, M. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Berbasis Teka-Teki Silang Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. JS (JURNAL SEKOLAH), 5(2), 70-76. https://doi.org/10.24114/js.v5i2.32717

Sukyati., Wulandari, S. (2009). Modul Matematika SD Program Bermutu - Pembelajaran Tematik Di SD. Jakarta : PPPPTK Matematika.

Umam, K. N., Bakhtiar, M. A., Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 1 - 11.

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.




DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.49014

Article Metrics

Abstract view : 76 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nella Adelina Br. Tarigan, Elvi Mailani, Eva Betty Simanjuntak, Naeklan Simbolon, Faisal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.