IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi nilai-nilai profil pelajar Pancasila melalui model pembelajaran project based learning dan kendala-kendala yang ditemukan pada siswa kelas IV SDN Kepuh 01. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh 1) Penerapan nilai-nilai profil pelajar Pancasila telah dilakukan pada setiap tahapan model pembelajaran project based learning. 2) Keberhasilan penggunaan model pembelajaran project based learning dalam menerapkan nilai-nilai profil pelajar Pancasila tidak terlepas dari kendala yang ditemui tetapi dapat diatasi dengan beragam solusi yang dilakukan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, S. S., & Alfiansyah, I. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Al-Fatih, 5(2), 239-254. https://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/217
Anazifa, R. D., & Hadi, R. F. (2016). Pendidikan lingkungan hidup melalui pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) dalam pembelajaran biologi. In Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education) (pp. 453-462).
Anggraena, Y., Sufyadi, S., Maisura, R., Chodidjah, I., Takwin, B., Cahyadi, S., Felicia, N., Gazali, H., Wijayanti, M. A., Khoiri, H. M., Matakupan, S. J., Siantajani, Y., & Kurnianingsih, S. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila (D. Koesoema & M. Sabri (eds.); 1st ed.). Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299
Cintang, N., Setyowati, D. L., & Handayani, S. S. D. (2018). The obstacles and strategy of project based learning implementation in elementary school. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(1), 7-15. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i1.7045
Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan kekurangan project-based learning untuk penguatan profil pelajar pancasila kurikulum merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213-226. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44226
Fahlevi, M. R. (2022). Kajian Project Based Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 230-249. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2714
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553-559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309
Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.); 1st ed., Issue March). CV. Pustaka Ilmu.
Ibad, W. (2022). Penerapan Profil Pelajar Pancasila Di Tingkat Sekolah Dasar. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 3(2), 84-94. http://jiees.alkhoziny.ac.id/index.php/jiees/article/view/47
Ihsan, R. A. N., Jannah, A. M., Sofia, M. N., & Budiyanti, N. (2021). PROBLEMATIKA DAN PERUBAHAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI INDONESIA. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(1), 17-26. https://bajangjournal.com/index.php/Juremi/article/view/280
Maharani, A. I., Istiharoh, I., & Putri, P. A. (2023). Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat dan Upayanya. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(2), 176-187. https://pbsi-upr.id/index.php/atmosfer/article/download/153/121
Jumadi. (2022). Analisis Metode Pembelajaran Project Based Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMK. NURINA WIDYA: Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 1(1), 59–64.
Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/402
Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi peserta didik dalam proyek penguatan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840-7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617
Nahdiyah, U., Arifin, I., & Juharyanto. (2022). Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Ditinjau dari Konsep Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (DIKDAS), 1(5), 1–8. http://conference.um.ac.id/index.php/ap/article/view/3324
Nurfitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2)., 149–160. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950
Nurhayati, Jamaris, & Sufyarma Marsidin. (2022). Strengthening Pancasila Student Profiles In Independent Learning Curriculum In Elementary School. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 1(6), 976–988. https://doi.org/10.55227/ijhess.v1i6.183
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model pembelajaran berbasis proyek, kreativitas dan hasil belajar mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 60-71. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9059
Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rosad, A. M. (2019). Implementasi pendidikan karakter melalui managemen sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173-190. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074
Saputra, R., Rochmiyati, S., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Perwujudan Keenam Profil Pelajar Pancasila Dalam Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pembuatan Tempat Pensil Sederhana Dari Botol Plastik Bekas. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 10(1), 87-98.
Suciani, T., Lasmanawati, E., & Rahmawati, Y. (2018). Pemahaman Model Pembelajaran sebagai Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga. Media Pendidikan, Gizi dan Kuliner, 7(1), 76–81. https://ejournal.upi.edu/index.php/Boga/article/viewFile/11599/6971
Suswandari, M. (2016). Sosiologi Pendidikan (Pendekatan Teori dan Studi Kasus). Semarang: PT. UPGRI.
Suswandari, M. (2019). Cooperative Learning: Strategi Pengembangan Inovasi Pendidikan Di Indonesia. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1(1), 16-24. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i01.39
Trinaldi, A., Afriani, M., Budiyono, H., Rustam, R., & Priyanto, P. (2022). Persepsi Guru terhadap Model PjBL pada Kurikulum Prototipe. Jurnal Basicedu, 6(4), 7408-7417. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3526
Utari, D., & Afendi, A. R. (2022). Implementation of Pancasila Student Profile in Elementary School Education with Project-Based Learning Approach. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(4), 456-464. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline1280
Wikanta, W., & Gayatri, Y. (2018). Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Menanamkan Karakter Kewirausahaan, Keterampilan Proses Sains, dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(2), 171–175. http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/10977
DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.49296
Article Metrics
Abstract view : 121 timesPDF - 70 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Marfela Randy Puspitasari, Moefty Mahendra, Meidawati Suswandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.