IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING SISWA SEKOLAH DASAR
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Amalia, S. S., & Alfiansyah, I. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Al-Fatih, 5(2), 239-254. https://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/217
- Anazifa, R. D., & Hadi, R. F. (2016). Pendidikan lingkungan hidup melalui pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) dalam pembelajaran biologi. In Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education) (pp. 453-462).
- Anggraena, Y., Sufyadi, S., Maisura, R., Chodidjah, I., Takwin, B., Cahyadi, S., Felicia, N., Gazali, H., Wijayanti, M. A., Khoiri, H. M., Matakupan, S. J., Siantajani, Y., & Kurnianingsih, S. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila (D. Koesoema & M. Sabri (eds.); 1st ed.). Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
- Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299
- Cintang, N., Setyowati, D. L., & Handayani, S. S. D. (2018). The obstacles and strategy of project based learning implementation in elementary school. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(1), 7-15. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i1.7045
- Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan kekurangan project-based learning untuk penguatan profil pelajar pancasila kurikulum merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213-226. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44226
- Fahlevi, M. R. (2022). Kajian Project Based Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 230-249. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2714
- Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553-559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309
- Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.); 1st ed., Issue March). CV. Pustaka Ilmu.
- Ibad, W. (2022). Penerapan Profil Pelajar Pancasila Di Tingkat Sekolah Dasar. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 3(2), 84-94. http://jiees.alkhoziny.ac.id/index.php/jiees/article/view/47
- Ihsan, R. A. N., Jannah, A. M., Sofia, M. N., & Budiyanti, N. (2021). PROBLEMATIKA DAN PERUBAHAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI INDONESIA. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(1), 17-26. https://bajangjournal.com/index.php/Juremi/article/view/280
- Maharani, A. I., Istiharoh, I., & Putri, P. A. (2023). Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat dan Upayanya. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(2), 176-187. https://pbsi-upr.id/index.php/atmosfer/article/download/153/121
- Jumadi. (2022). Analisis Metode Pembelajaran Project Based Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMK. NURINA WIDYA: Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 1(1), 59“64.
- Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/402
- Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi peserta didik dalam proyek penguatan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840-7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617
- Nahdiyah, U., Arifin, I., & Juharyanto. (2022). Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Ditinjau dari Konsep Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (DIKDAS), 1(5), 1“8. http://conference.um.ac.id/index.php/ap/article/view/3324
- Nurfitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2)., 149“160. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950
- Nurhayati, Jamaris, & Sufyarma Marsidin. (2022). Strengthening Pancasila Student Profiles In Independent Learning Curriculum In Elementary School. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 1(6), 976“988. https://doi.org/10.55227/ijhess.v1i6.183
- Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
- Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model pembelajaran berbasis proyek, kreativitas dan hasil belajar mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 60-71. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9059
- Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
- Rosad, A. M. (2019). Implementasi pendidikan karakter melalui managemen sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173-190. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074
- Saputra, R., Rochmiyati, S., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Perwujudan Keenam Profil Pelajar Pancasila Dalam Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pembuatan Tempat Pensil Sederhana Dari Botol Plastik Bekas. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 10(1), 87-98.
- Suciani, T., Lasmanawati, E., & Rahmawati, Y. (2018). Pemahaman Model Pembelajaran sebagai Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga. Media Pendidikan, Gizi dan Kuliner, 7(1), 76“81. https://ejournal.upi.edu/index.php/Boga/article/viewFile/11599/6971
- Suswandari, M. (2016). Sosiologi Pendidikan (Pendekatan Teori dan Studi Kasus). Semarang: PT. UPGRI.
- Suswandari, M. (2019). Cooperative Learning: Strategi Pengembangan Inovasi Pendidikan Di Indonesia. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1(1), 16-24. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i01.39
- Trinaldi, A., Afriani, M., Budiyono, H., Rustam, R., & Priyanto, P. (2022). Persepsi Guru terhadap Model PjBL pada Kurikulum Prototipe. Jurnal Basicedu, 6(4), 7408-7417. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3526
- Utari, D., & Afendi, A. R. (2022). Implementation of Pancasila Student Profile in Elementary School Education with Project-Based Learning Approach. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(4), 456-464. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline1280
- Wikanta, W., & Gayatri, Y. (2018). Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Menanamkan Karakter Kewirausahaan, Keterampilan Proses Sains, dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(2), 171“175. http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/10977