IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING SISWA SEKOLAH DASAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Marfela Randy Puspitasari
Moefty Mahendra
Meidawati Suswandari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi nilai-nilai profil pelajar Pancasila melalui model pembelajaran project based learning dan kendala-kendala yang ditemukan pada siswa kelas IV SDN Kepuh 01. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh 1) Penerapan nilai-nilai profil pelajar Pancasila telah dilakukan pada setiap tahapan model pembelajaran project based learning. 2) Keberhasilan penggunaan model pembelajaran project based learning dalam menerapkan nilai-nilai profil pelajar Pancasila tidak terlepas dari kendala yang ditemui tetapi dapat diatasi dengan beragam solusi yang dilakukan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Puspitasari, M. R., Mahendra, M., & Suswandari, M. (2024). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING SISWA SEKOLAH DASAR. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 14(2), 144–168. https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.49296

References

  1. Amalia, S. S., & Alfiansyah, I. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Al-Fatih, 5(2), 239-254. https://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/217
  2. Anazifa, R. D., & Hadi, R. F. (2016). Pendidikan lingkungan hidup melalui pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) dalam pembelajaran biologi. In Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education) (pp. 453-462).
  3. Anggraena, Y., Sufyadi, S., Maisura, R., Chodidjah, I., Takwin, B., Cahyadi, S., Felicia, N., Gazali, H., Wijayanti, M. A., Khoiri, H. M., Matakupan, S. J., Siantajani, Y., & Kurnianingsih, S. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila (D. Koesoema & M. Sabri (eds.); 1st ed.). Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  4. Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299
  5. Cintang, N., Setyowati, D. L., & Handayani, S. S. D. (2018). The obstacles and strategy of project based learning implementation in elementary school. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(1), 7-15. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i1.7045
  6. Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan kekurangan project-based learning untuk penguatan profil pelajar pancasila kurikulum merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213-226. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44226
  7. Fahlevi, M. R. (2022). Kajian Project Based Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 230-249. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2714
  8. Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553-559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309
  9. Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.); 1st ed., Issue March). CV. Pustaka Ilmu.
  10. Ibad, W. (2022). Penerapan Profil Pelajar Pancasila Di Tingkat Sekolah Dasar. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 3(2), 84-94. http://jiees.alkhoziny.ac.id/index.php/jiees/article/view/47
  11. Ihsan, R. A. N., Jannah, A. M., Sofia, M. N., & Budiyanti, N. (2021). PROBLEMATIKA DAN PERUBAHAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI INDONESIA. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(1), 17-26. https://bajangjournal.com/index.php/Juremi/article/view/280
  12. Maharani, A. I., Istiharoh, I., & Putri, P. A. (2023). Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat dan Upayanya. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(2), 176-187. https://pbsi-upr.id/index.php/atmosfer/article/download/153/121
  13. Jumadi. (2022). Analisis Metode Pembelajaran Project Based Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMK. NURINA WIDYA: Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 1(1), 59“64.
  14. Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/402
  15. Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi peserta didik dalam proyek penguatan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840-7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617
  16. Nahdiyah, U., Arifin, I., & Juharyanto. (2022). Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Ditinjau dari Konsep Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (DIKDAS), 1(5), 1“8. http://conference.um.ac.id/index.php/ap/article/view/3324
  17. Nurfitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2)., 149“160. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950
  18. Nurhayati, Jamaris, & Sufyarma Marsidin. (2022). Strengthening Pancasila Student Profiles In Independent Learning Curriculum In Elementary School. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 1(6), 976“988. https://doi.org/10.55227/ijhess.v1i6.183
  19. Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
  20. Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model pembelajaran berbasis proyek, kreativitas dan hasil belajar mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 60-71. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9059
  21. Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
  22. Rosad, A. M. (2019). Implementasi pendidikan karakter melalui managemen sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173-190. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074
  23. Saputra, R., Rochmiyati, S., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Perwujudan Keenam Profil Pelajar Pancasila Dalam Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pembuatan Tempat Pensil Sederhana Dari Botol Plastik Bekas. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 10(1), 87-98.
  24. Suciani, T., Lasmanawati, E., & Rahmawati, Y. (2018). Pemahaman Model Pembelajaran sebagai Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga. Media Pendidikan, Gizi dan Kuliner, 7(1), 76“81. https://ejournal.upi.edu/index.php/Boga/article/viewFile/11599/6971
  25. Suswandari, M. (2016). Sosiologi Pendidikan (Pendekatan Teori dan Studi Kasus). Semarang: PT. UPGRI.
  26. Suswandari, M. (2019). Cooperative Learning: Strategi Pengembangan Inovasi Pendidikan Di Indonesia. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1(1), 16-24. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i01.39
  27. Trinaldi, A., Afriani, M., Budiyono, H., Rustam, R., & Priyanto, P. (2022). Persepsi Guru terhadap Model PjBL pada Kurikulum Prototipe. Jurnal Basicedu, 6(4), 7408-7417. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3526
  28. Utari, D., & Afendi, A. R. (2022). Implementation of Pancasila Student Profile in Elementary School Education with Project-Based Learning Approach. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(4), 456-464. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline1280
  29. Wikanta, W., & Gayatri, Y. (2018). Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Menanamkan Karakter Kewirausahaan, Keterampilan Proses Sains, dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(2), 171“175. http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/10977