PENDAMPINGAN TES DIAGNOSTIK DAN E-LKPD DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SD NEGERI 104193 TANDAM HILIR II SUMATERA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.52517Keywords:
Pendampingan, Tes Diagnostik, E-LKPD, Pembelajaran DiferensiasiAbstract
Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan, antara lain: 1) Focus Group Discussion mengenai pemahaman guru dalam memetakan profil gaya belajar siswa, minat dan pengetahuan awal melalui tes diagnostik, 2) Pendampingan pembuatan E-LKPD berbasis liveworksheet, 3) Pendampingan praktik pembelajaran yang berdiferensiasi pada kurikulum merdeka sehingga dihasilkan guru model yang akan menjadi acuan bagi guru lainnya. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat antara lain: 1) Guru telah memiliki dan mendapat bimbingan dalam menggunakan aplikasi tes diagnostik untuk mengetahui gaya belajar siswanya, 2) Merancang LKPD sesuai gaya belajar siswa, 4) Memahami pembelajaran berdiferensiasi dalam mendukung kurikulum merdeka, 5) Menghasilkan video guru model yang melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi.References
Kusumaningrum, D. E., Arifin, I., & Gunawan, I. (2017). Pendampingan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Kurikulum 2013. ABDIMAS PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 16-21. http://journal2.um.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/1946
Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum œMerdeka Belajar di era society 5.0. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 5(1), 66-78. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/1317
Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2020). Model Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif. Jurnal Orthopedagogik, 1(3), 17-36. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/ortopedagogik/article/view/1779
Nofitasari, F. E., Indiati, I., Suneki, S., & Sijamtini, N. (2023). Analisis Profilling Gaya Belajar Peserta Didik dalam Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi Kelas III. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 8811-8820. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/7631
Nurhayati, Amin, B. D, dan Nurhilaliyah. (2018). Pelatihan penyusunan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis inquiry. Prosiding Seminar Nasional LPPM Universitas Negeri Makasar, 553-555.
Riwanti, R., & Hidayati, A. (2019). Pengembangan modul pembelajaran tematik berbasis pendidikan karakter di kelas V sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 572-581. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.41
Rusilowati, A. (2015). Pengembangan tes diagnostik sebagai alat evaluasi kesulitan belajar fisika. In PROSIDING: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, 6(1), 1-10. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosfis1/article/view/7684/5672
Suparyati, Ratnawati dan Arwin. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV SD 10 Koto Baru Tema 6 Sub Tema 1. Inovasi Pendidikan, 2(8), 105-116. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/inovasipendidikan/article/view/467
Suyarman, M. (2020).Orientasi pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 13-28.
Yani, D., Muhanal, S., & Mashfufah, A. (2023). Implementasi Assemen Diagnostic Untuk Menentukan Profil Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Diferensiasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan (JURINOTEP), 1(3), 241-250. https://lppmbinabangsa.id/index.php/jurinotep/article/view/31
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Septian Prawijaya, Irsan, Halim Simatupang, Waliyul Maulana Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Handayani PGSD FIP UNIMED Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)