PENDAMPINGAN TES DIAGNOSTIK DAN E-LKPD DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SD NEGERI 104193 TANDAM HILIR II SUMATERA UTARA

Septian Prawijaya, Irsan Irsan, Halim Simatupang, Waliyul Maulana Siregar

Abstract


Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan, antara lain: 1) Focus Group Discussion mengenai pemahaman guru dalam memetakan profil gaya belajar siswa, minat dan pengetahuan awal melalui tes diagnostik, 2) Pendampingan pembuatan E-LKPD berbasis liveworksheet, 3) Pendampingan praktik pembelajaran yang berdiferensiasi pada kurikulum merdeka sehingga dihasilkan guru model yang akan menjadi acuan bagi guru lainnya. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat antara lain: 1) Guru telah memiliki dan mendapat bimbingan dalam menggunakan aplikasi tes diagnostik untuk mengetahui gaya belajar siswanya, 2) Merancang LKPD sesuai gaya belajar siswa, 4) Memahami pembelajaran berdiferensiasi dalam mendukung kurikulum merdeka, 5) Menghasilkan video guru model yang melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi.


Keywords


Pendampingan; Tes Diagnostik; E-LKPD; Pembelajaran Diferensiasi

Full Text:

PDF

References


Kusumaningrum, D. E., Arifin, I., & Gunawan, I. (2017). Pendampingan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Kurikulum 2013. ABDIMAS PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 16-21. http://journal2.um.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/1946

Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum “Merdeka Belajar” di era society 5.0. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 5(1), 66-78. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/1317

Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2020). Model Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif. Jurnal Orthopedagogik, 1(3), 17-36. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/ortopedagogik/article/view/1779

Nofitasari, F. E., Indiati, I., Suneki, S., & Sijamtini, N. (2023). Analisis Profilling Gaya Belajar Peserta Didik dalam Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi Kelas III. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 8811-8820. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/7631

Nurhayati, Amin, B. D, dan Nurhilaliyah. (2018). Pelatihan penyusunan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis inquiry. Prosiding Seminar Nasional LPPM Universitas Negeri Makasar, 553-555.

Riwanti, R., & Hidayati, A. (2019). Pengembangan modul pembelajaran tematik berbasis pendidikan karakter di kelas V sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 572-581. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.41

Rusilowati, A. (2015). Pengembangan tes diagnostik sebagai alat evaluasi kesulitan belajar fisika. In PROSIDING: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, 6(1), 1-10. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosfis1/article/view/7684/5672

Suparyati, Ratnawati dan Arwin. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV SD 10 Koto Baru Tema 6 Sub Tema 1. Inovasi Pendidikan, 2(8), 105-116. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/inovasipendidikan/article/view/467

Suyarman, M. (2020).Orientasi pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 13-28.

Yani, D., Muhanal, S., & Mashfufah, A. (2023). Implementasi Assemen Diagnostic Untuk Menentukan Profil Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Diferensiasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan (JURINOTEP), 1(3), 241-250. https://lppmbinabangsa.id/index.php/jurinotep/article/view/31




DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.52517

Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Septian Prawijaya, Irsan, Halim Simatupang, Waliyul Maulana Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.