PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL TEAM BASED PROJECT (TBP) BERBANTU GOOGLE SITES PGSD FIP UNIMED
DOI:
https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.54101Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Konsep Dasar IPA, Proyek Berbasis TimAbstract
Berdasarkan situasi obyektif yang terjadi pada saat pembelajaran mata kuliah œKonsep IPA Dasar di PGSD FIP UNIMED, 1) perkuliahan pada masa new normal mengharuskan mahasiswa untuk belajar mandiri, 2) Belum tersedia Pengembangan media pembelajaran berbasis team based project yang memenuhi persyaratan kurikulum Merdeka saat ini; 3) Hasil tracer survey menunjukkan bahwa lulusan mata kuliah PGSD masih belum memiliki keterampilan yang setara dengan penguasaan IT atau digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pengembangan produk dan melakukan percobaan kelayakan dan efektivitas pengembangan media pembelajaran berbasis tim berbasis proyek pada mata kuliah konsep sains dasar PGSD FIP UNIMED.Penelitian pengembangan ini menggunakan model empat dimensi yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu Define, Plan, Design, Develop, dan Disseminate. Selain menciptakan produk media pembelajaran interaktif, juga memberikan pengalaman kepada mahasiswa dan dosen dalam menyampaikan perkuliahan online dengan menggunakan pembelajaran proyek berbasis tim, sehingga perkuliahan menjadi lebih interaktif, efektif, dan efisien. Evaluasi aspek kelayakan isi materi (efektif/layak pakai) mempunyai persentase sebesar 86,61%, evaluasi aspek kelayakan Desain dan tampilan teknis mempunyai persentase 82,05% (efektif/layak digunakan).Hasil persentase aspek kepraktisan ditetapkan sebesar 92,88% (efektif/layak digunakan).Sedangkan hasil efektivitas pre-test dan post-test sebesar 81,55%. Berdasarkan hasil uji kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan produk ini, media pembelajaran berbasis model team-based project berbantuan Google Sites sangat layak, praktis, dan efektif untuk digunakan, sehingga dapat disimpulkan bahwa.References
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.
Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Kitcheen, Ted. (2007). Skills for Planning Practice. Hampsire : Palgrave Macmillan.
Melvin. L, Silberman. (2004). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung : Nusamedia & Nuansa.
Michaelsen, L. K., Knight, A. B., & Fink, L. D. (Eds.). (2002). Team-based learning: A transformative use of small groups. Westport, CN: Praeger.
Rosidah, C. T., & Pramulia, P. (2021). Team Based Project dan Case Method Sebagai Strategi Pengembangan Keterampilan Mengembangkan Pembelajaran Mahasiswa. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 245-251. https://doi.org/10.30653/003.202172.196
Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sidiq, R. (2020). Pengembangan e-modul interaktif berbasis android pada mata kuliah strategi belajar mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1-14. https://doi.org/10.21009/JPS.091.01
Soegiranto, M. A. (2010). Acuan Penulisan Bahan Ajar Dalam Bentuk Modul. Pokja Kurikulum dan Supervisi Pusat Pengembangan Madrasah Kementrian Agama Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Remaja Rosdakarya.
Tekad, T., & Pebriana, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Team-Based Project terhadap Keterampilan Komunikasi dan Keterampilan Kolaborasi pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 7(2), 134-141. https://doi.org/10.18592/ptk.v7i2.5445
Trianto. (2008). Mendesain Model Pembelajaran Kontekstual
(Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher
Waluyo, J., & Siregar, T. (2022). Perception of Training Participants on Google Sites Media in Learning of Natural Sciences. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 10(1), 1-11.
Zaini, Hisyam dkk. (2005). Strategi Pembelajaran Aktif, CTSD: Yogyakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fahrur Rozi, Sriadhi Sriadhi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Handayani PGSD FIP UNIMED Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)