ANALISIS PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJRAN IPAS DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian autentik pada kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685-5699. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280
Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118. https://bajangjournal.com/index.php/JOEL/article/view/3015
Firdaus, H., Laensadi, A. M., Matvayodha, G., Siagian, F. N., & Hasanah, I. A. (2022). Analisis evaluasi program kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 686-692. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5302
Hasanah, N., Sembiring, M., Afni, K., Dina, R., & Wirevenska, I. (2022). Sosialisasi kurikulum merdeka merdeka belajar untuk meningkatkan pengetahuan para guru di SD Swasta Muhamaddiyah 04 Binjai. Ruang Cendekia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 235-238. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/ruang-cendekia/article/view/339
Idris, M. M., & Asyafah, A. (2020). Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 3(1), 1-9.
Indriyani, N., Hanifah, R., & Fitria, Y. (2023). Penilaian Autentik Pada Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 28-48. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/6930
Jusuf, H., & Sobari, A. (2022). Pembelajaran paradigma baru kurikulum merdeka pada Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(2), 185-194.
Lubis, F. S., & Sujarwo, S. (2022). Analisis Pelaksanaan Keterampilan Bertanya pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN 101938 Adolina. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 2(1), 101-109. https://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFoSJ-LAS/article/view/150
Makbul, M. (2021). Metode Pengumpulan Data Dam Instrumen Penelitian.
Muslihun, M. (2022). Implementasi Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Matematika Di MI Muhammadiyah Nangkod Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga (Doctoral dissertation, UIN saifuddin zuhri).
Pratiwi, M. M., Arafat, Y., & Murjainah, M. (2023). Analisis Kesiapan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Di SD Negeri 122 Palembang. Journal on Education, 6(1), 7951-7796. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/4032
Sadat, F. A., Maryati, D. S., Maesyaroh, A., Nashifah, I., Arifin, I., & Maulani, R. (2022). Penilaian dalam kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Jurnal Ilmiah ATSAR Kuningan, 2(1), 45-51. https://www.jurnal.unisa.ac.id/index.php/atsar/article/view/322
Sani, R. A. (2022). Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara.
Saputra, D. N., Kholil, A., Selegi, S. F., Setia, A., Sinaga, K., & Farisi, A. (2021). Landasan Pendidikan. Media Sains Indonesia.
Sugiri, W. A., & Priatmoko, S. (2020). Persprektif asesmen autentik sebagai alat evaluasi dalam merdeka belajar. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 53-61. https://doi.org/10.30736/atl.v4i1.119
Sukardi, S., & Sepriady, J. (2020). Peran Pendidikan Sejarah Dalam Membentuk Karakter Bangsa. Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 6(2), 114-117. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v6i2.5256
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v15i1.54935
Article Metrics
Abstract view : 142 timesPDF - 348 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sigit Oditya, Sukardi Sukardi, Murjainah Murjainah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.