PENGARUH MEDIA PAPAN BANGUN DATAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Pembelajaran matematika di sekolah dasar cenderung mempersulit siswa untuk memahami konsep bangun datar secara luas. Dalam hal ini guru dituntut untuk kreatif dalam menyampaikan materi. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang lebih inovatif. Penerapan pembelajaran dengan menggunakan media sebagai alat yang membantu guru belajar matematika akan lebih efisien. Dari pendapat di atas dapat dipahami bahwa media digunakan sebagai perantara dalam menciptakan suasana belajar yang dapat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran yang diwujudkan dalam bentuk pemahaman materi. Salah satu media pembelajaran yang inovatif adalah papan datar. Disini peneliti mengajukan alternatif atau solusi yaitu pembelajaran matematika dengan menggunakan media papan datar, agar siswa dapat tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan mengingat materi yang dipelajari. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Bangun datar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media papan datar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar siswa kelas IV SDN Darawolong IV. Kesimpulannya, media papan datar dapat digunakan sebagai alat yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andrijati, N. (2014). Penerapan media pembelajaran inovatif dalam pembelajaran matematika sekolah dasar di PGSD UPP Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(2). https://journal.unnes.ac.id/nju/JPP/article/view/5696
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. Axiom: jurnal pendidikan dan matematika, 7(1).
Kurniawati, H., & Bekti, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Dart pada Materi Bangun Datar. In Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo (Vol. 1, No. 01, pp. 215-222). https://doi.org/10.33503/prosiding.v1i01.1028
Malaikosa, Y. M. L., & Permata, S. D. (2021). Implementasi ANBK Terhadap Kesiapan Mental Peserta Didik. Education and Learning of Elementary School, 2(1), 1-8. https://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/view/412
Masitoh, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Berpaku Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar, 5(1), 49-60.
Nasution, U. (2020). Integrasi Pemikiran Imam Al-Ghazali & Ivan Pavlov Dalam Membentuk Prilaku Peserta Didik. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 103-113. https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3651
Ningrum, E. F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Kompetisi Bangun Datar (Pakom Bantar) TerhadapPemahaman KonsepMatematika. In Prosiding University Research Colloquium (pp. 1199-1211).
Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(1), 123-144. https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/1347
Rahayu, S., & Hidayati, W. N. (2018). Meningkatkan hasil belajar matematika melalui penggunaan media bangun ruang dan bangun datar pada siswa kelas V SDN Jomin Barat I Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 204-215. https://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3854
Rudyanto, H. E., HS, A. K. S., & Pratiwi, D. (2019). Etnomatematika budaya Jawa: Inovasi pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 25-32. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3348
Samura, A. O. (2015). Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dan manfaatnya. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1). https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/145
Sariani, N., Prihantini, M. P., Winarti, P., Indrawati, S. P. I., Pd, M., Jumadi, S. P. I., ... & Satria, R. (2021). Belajar dan pembelajaran. Edu Publisher.
Savitri, E. H. S. H. (2019). Pengembangan Media Interaktif Berbasis APP Desktop Materi Luas Dan Keliling Bangun Datar Siswa Kelas IV SDN Wunut 1 Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA (Vol. 3, No. 1, pp. 467-476). https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/51
Suroto, S. (2015). Efektifitas pembelajaran Kontekstual untuk meningkatkan prestasi belajar materi luas bangun datar kelas VI di MIN Malang I. Madrasah, 7(2), 203-233. https://doi.org/10.18860/jt.v7i2.3322
Wulandari, A. N., & Mawardi, K. (2018). Pengembangan Media Papan Tempel Bangun Datar Berbasis Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Guru, 1(2), 10-17. https://pigur.ejournal.unri.ac.id/index.php/pigur/article/view/5984
Zulaeliyah, I. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn Gunungpayung Pada Materi Keliling Serta Luas Bangun Datar Dengan Model Problem Based Learning. Satya Widya, 37(1), 25-32. https://doi.org/10.24246/j.sw.2021.v37.i1.p25-32
DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v15i1.55864
Article Metrics
Abstract view : 52 timesPDF - 45 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Agnadita Aulia Putri, Dea Puspita, Fedycha Tyas Widadarni, Yayan Alpian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.