PENGEMBANGAN E-BOOK KONSEP DASAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SD BERBASIS GOOGLE SITES MENGGUNAKAN MODEL PROJECT CITIZEN UNTUK MENINGKATKAN CIVIC KNOWLEDGE DAN CIVIC SKILL MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Apiek Gandamana, Robenhart Tamba, Waliyul Maulana Siregar, Umri Rahman Efendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan: 1) Menciptakan bahan ajar E-Book berbasis google sites dengan menggunakan model proyek warga negara untuk mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar; dan 2) Menentukan validitas, praktisitas, dan efektivitas e-book. Studi ini menggunakan model pengembangan Four D, dan itu adalah jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Aspek kelayakan isi materi dengan hasil persentase 86,05 persen dan aspek kelayakan desain dan teknologi dengan hasil persentase 83,05 persen sangat layak. Menurut hasil analisis data yang dilakukan pada angket uji praktikalitas, persentase rata-rata sebesar 91,88 persen untuk uji efektivitas, yang termasuk dalam kategori "aktif sekali" dan dinyatakan efektif.


Keywords


E-book; Google Sites Project Citizen; Pengetahuan Kewarganegaraan; Keterampilan Kewarganegaraan

Full Text:

PDF

References


Bozkurt, A., Okur, M. R., & Karadeniz, A. (2016). Use of digital books at academic level: Perceptions, attitudes and preferences of post-graduate students. Journal of Human Sciences, 13(1), 663-673. https://www.j-humansciences.com/ojs/index.php/IJHS/article/view/3534

Mentari, D., Sumpono, S., & Ruyani, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran e-book berdasarkan hasil riset elektroforesis 2-d untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. PENDIPA Journal of Science Education, 2(2), 131-134. https://doi.org/10.33369/pendipa.2.2.131-134

Mutadi, M. (2022). Panduan Membuat Website Dengan Menggunakan Google Sites. Semarang: Widyaiswara.

Nalasari, K. A., Suarni, N. K., & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan bahan ajar berbasis web google sites pada tema 9 subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 135-146. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.658

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryanto, D. A., & Husni Thamrin, S. T. (2018). Analisa Perbandingan Antara Blogger dan Google Site (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Waluyo, J., & Siregar, T. (2022). Perception of Training Participants on Google Sites Media in Learning of Natural Sciences. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 10(1), 1-11.

Widodo. (2016). “Pengantar E-Book”. Disampaikan dalam Bimbingan Teknik bagi Petugas Pengelola Perpustakaan Sekolah, yang diselenggarakan oleh Kantor Perpustakaan dan Kearsipan. Madiun: Graha Eka Kapti.

Winataputra, U.S. (2008). Modul Hakikat, Fungsi, dan Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v15i1.56394

Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF - 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Apiek Gandamana, Robenhart Tamba, Waliyul Maulana Siregar, Umri Rahman Efendi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.