PENGEMBANGAN E-BOOK KONSEP DASAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SD BERBASIS GOOGLE SITES MENGGUNAKAN MODEL PROJECT CITIZEN UNTUK MENINGKATKAN CIVIC KNOWLEDGE DAN CIVIC SKILL MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Apiek Gandamana
Robenhart Tamba
Waliyul Maulana Siregar
Umri Rahman Efendi

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Menciptakan bahan ajar E-Book berbasis google sites dengan menggunakan model proyek warga negara untuk mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar; dan 2) Menentukan validitas, praktisitas, dan efektivitas e-book. Studi ini menggunakan model pengembangan Four D, dan itu adalah jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Aspek kelayakan isi materi dengan hasil persentase 86,05 persen dan aspek kelayakan desain dan teknologi dengan hasil persentase 83,05 persen sangat layak. Menurut hasil analisis data yang dilakukan pada angket uji praktikalitas, persentase rata-rata sebesar 91,88 persen untuk uji efektivitas, yang termasuk dalam kategori "aktif sekali" dan dinyatakan efektif.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Apiek Gandamana, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Robenhart Tamba, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Waliyul Maulana Siregar, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Umri Rahman Efendi, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
How to Cite
Gandamana, A., Tamba, R., Siregar, W. M., & Efendi, U. R. (2024). PENGEMBANGAN E-BOOK KONSEP DASAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SD BERBASIS GOOGLE SITES MENGGUNAKAN MODEL PROJECT CITIZEN UNTUK MENINGKATKAN CIVIC KNOWLEDGE DAN CIVIC SKILL MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 15(1), 28–33. https://doi.org/10.24114/jh.v15i1.56394

References

  1. Bozkurt, A., Okur, M. R., & Karadeniz, A. (2016). Use of digital books at academic level: Perceptions, attitudes and preferences of post-graduate students. Journal of Human Sciences, 13(1), 663-673. https://www.j-humansciences.com/ojs/index.php/IJHS/article/view/3534
  2. Mentari, D., Sumpono, S., & Ruyani, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran e-book berdasarkan hasil riset elektroforesis 2-d untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. PENDIPA Journal of Science Education, 2(2), 131-134. https://doi.org/10.33369/pendipa.2.2.131-134
  3. Mutadi, M. (2022). Panduan Membuat Website Dengan Menggunakan Google Sites. Semarang: Widyaiswara.
  4. Nalasari, K. A., Suarni, N. K., & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan bahan ajar berbasis web google sites pada tema 9 subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 135-146. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.658
  5. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  6. Suryanto, D. A., & Husni Thamrin, S. T. (2018). Analisa Perbandingan Antara Blogger dan Google Site (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
  7. Waluyo, J., & Siregar, T. (2022). Perception of Training Participants on Google Sites Media in Learning of Natural Sciences. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 10(1), 1-11.
  8. Widodo. (2016). œPengantar E-Book. Disampaikan dalam Bimbingan Teknik bagi Petugas Pengelola Perpustakaan Sekolah, yang diselenggarakan oleh Kantor Perpustakaan dan Kearsipan. Madiun: Graha Eka Kapti.
  9. Winataputra, U.S. (2008). Modul Hakikat, Fungsi, dan Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.