PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SDN 101768 TEMBUNG

Tri Utami Panggabean, Fahrur Rozi

Abstract


Berpikir kreatif wajib untuk dikembangkan dalam kurikulum merdeka saat ini. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah menggunakan media pembelajaran berbasis Canva. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai efektivitas dalam mengembangkan Canva sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas V SD dalam pembelajaran IPAS di SDN 101768 Tembung. Metode ini dikembangkan mengikuti prinsip 4D dalam Research & Development. Hasilnya, media pembelajaran dinilai praktis dan layak untuk digunakan karena memiliki skor validitas 90%. Setelah diujicobakan pada peserta didik, media tersebut efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan skor ketuntasan kelas mencapai 75%.

Keywords


Berpikir Kreatif; Canva; Media Pembelajaran; 4D

Full Text:

PDF

References


Adam, S. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi siswa kelas X SMA Ananda Batam. Computer Based Information System Journal, 3(2). https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis/article/view/400

Ambarini, Naziah Maharani Umaya. Semiotika. (2018). Teori dan Aplikasi Pada Karya Satra. IKIP PGRI Semarang Press.

Febriana, T., Suneki, S., Suyoto, S., & Rochajati, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Sinektik, 6(1), 32-37. https://doi.org/10.33061/js.v6i1.8681

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. Axiom: jurnal pendidikan dan matematika, 7(1).

Junaedi, S. (2021). Aplikasi canva sebagai media pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan kreatifitas mahasiswa pada mata kuliah English for information communication and technology. Bangun Rekaprima, 7(2), 80-89. http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v7i2.3000

Kusumaryono, R. S. (2020). Merdeka Belajar. Retrieved from Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan: https://gtk.kemdikbud.go.id/readnews/merdeka-belajar

Permatasari, D., Destrinelli, & Sherly Pamela, I. (2023). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Model Project Based Learning Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(04), 16151–16164. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2752

Permendikbudristek. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Tentang Standar Proses Pada Pendidikan Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(69), 5–24.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam. 8(2),81-82. https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354

Sugiyono. (2019). Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Triningsih, D. E. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Cendekia, 15(1), 128–144. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667.

Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Research and Development (R&D). Jakarta : Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v15i1.58209

Article Metrics

Abstract view : 188 times
PDF - 92 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tri Utami Panggabean, Fahrur Rozi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
slot gacor slot